Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Mengatasi Virus Menular dan Susah Diusir

Secara standar guna mencegah malware untuk tidak menginfeksi ke perangkat lain seperti flashdisk hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan semua komputer yang digunakan untuk mencolokkan flashdisk tersebut terproteksi antivirus yang terupdate dan semua perangkat lunaknya selalu diupdate secara otomatis.

Dalam kasus malware sangat membandel dimana banyak antivirus yang tidak mampu menghadapinya, salah satu kemungkinannya adalah komputer Anda terinfeksi foistware atau PUP Potentially Unwanted Program.

Jika komputer terinfeksi foistware, kebanyakan foistware memiliki kemampuan rootkit dan terinstal sangat rumit dan dalam di registri komputer Anda. Penyebab utama yang harus Anda ketahui dalam berhadapan dengan foistware atau PUP adalah kebanyakan foistware terinstal dengan persetujuan pemilik komputer. 

Mungkin Anda akan heran, mana mungkin ada orang mau menyetujui instalasi program jahat di komputernya sendiri. Penyebabnya adalah pada freeware yang Anda instal. Foistware ini akan menyelipkan dirinya dan ikut menginstalkan dirinya bersama dengan freeware yang Anda instal, salah satu sumber freeware yang banyak mengandung foistware menurut pantauan Vaksincom adalah download.com yang sekarang dihindari para penggemar freeware karena tingginya tingkat foistwarenya. 
Bahkan beberapa aplikasi opensource freeware populer seperti screen recorder populer Camstudio  juga mengandung foistware seperti yang diinformasikan oleh Google Chrome.

Jika hal ini yang Anda maksudkan sebagai malware yang sangat membandel cara yang harus anda lakukan untuk menghadapinya adalah mengidentifikasi foistware yang mengintervensi peramban anda lalu uninstal foistware tersebut. Namun banyak foistware yang “tidak sopan” dan terinstal sangat dalam pada komputer. Karena itu Anda memerlukan tools khusus untuk menghadapinya. 

Salah satu tools favorit Vaksinis yang sering kami gunakan dalam menghadapi foistware di pelanggan kami adalah MBAM Malwarebystes Antimalware yang bisa diunduh disini (Full versi trial untuk waktu terbatas). Setelah selesai mengunduh silakan instal dan scan komputer Anda bersihkan semua malware yang terdeteksi oleh MBAM. 

Sebagai catatan MBAM tidak bentrok dengan program antivirus yang Anda pakai dan disarankan digunakan bersama dengan program antivirus anda dan tidak untuk menggantikan program antivirus.