Pengertian Pasar Online dan Ciri Cirinya

Pengertian Definisi Pasar On Line dan Ciri Cirinya
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita dapat melakukan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.

Pasar On line adalah suatu sarana atau sebuah toko/pasar sebagai tempat untuk menawarkan/menjual  barang ataupun jasa lewat dunia maya atau internet. Pengunjung internet bisa melihat barang yang ditawarkan berupa foto maupun video dan bisa langsung memesan barang melalui sistem online. Pembayarannya pun dilakukan secara online atau dilakukan dengan transfer melalui bank. Hal seperti inipun bisa dikategorikan sebagai bisnis online.

Keuntungan Pasar On line:

  • Pengunjung yang datang kebanyakan yang mencari produk kita. Kita tidak perlu lagi repot-repot memasang iklan pada media offline.
  • Kita tidak perlu menunggui barang dagangan layaknya di pasar offline.
  • Kita hanya menunggu order datang dari orang yang berminat kepada barang yang kita tawarkan.
  • Sudah banyak orang yang menggunakan internet sebagai sarana jual beli, dengan kata lain prospek kedepan lebih cerah seiring kemajuan tekhnologi.
  • Pasar Online tidak perlu tempat dan juga tidak terikat waktu.
  • Pangsa pasar hingga manca negara
  • Biaya operasional dan iklan relatif sedikit dibanding pasar offline.


Pada dasarnya antara Bisnis Online dan Internet Marketing mempunyai kesamaan arti atau makna yang sama yakni sama – sama memiliki tujuan untuk memperoleh penghasilan melalui dunia maya. Namun untuk Internet Marketing lebih berorientasi terhadapat ilmunya atau teknik – teknik mendapatkan uang dari bisnis online tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Internet Marketing adalah suatu ilmu wajib yang digunakan bagi setiap orang yang ingin mengembangkan usaha atau meraih penghasilan dari internet. Dengan mengetahui cara dan strategi internet marketting yang tepat maka Anda akan mengerti dasar dari pemasaran melalui media internet.

Sebagai contoh apabila anda mempunyai skill atau kemampuan menjual produk – produk dari produsen atau lebih familiarnya Affiliasi. Maka anda pastinya membutuhkan apa yang namanya tempat atau wadah untuk berpromosi. Kemudian anda membuat sebuah blog atau web dan anda kembangkan blog tersebut dengan berbagai teknik untuk mendatangkan pengunjung supaya mereka (pengunjung) membeli produk dari anda. 

Dengan membuat dan mengembangkan blog inilah anda sudah menerapkan teknik dari Internet Marketing. Dan masih banyak teknik Internet Marketing lainnya tidak hanya dengan membuat dan mengembangkan blog, saya beri contoh dengan berpromosi melalui forum – forum, melalui jejaring sosial, website iklan baris, chat online, dsb.

Pasar Bisnis Online untuk Produk Fashion
Pasar online pertama yang patut dicoba adalah fashion. Ya, fashion memang produk yang selalu mendapat sambutan positif dipasaran online amupun offline. Perkembangan dunia #bisnis fashion yang selalu bertumbuh memang membuat pasar produk fashion selalu terbuka sangat lebar. Salah satu pelaku bisnis online di bidang ini adalah Gunadi Sinatrio, pemilik Batikbolags.com.

Menurut Gunadi produk fashion masih memiliki kesempatan yang sangat terbuka luas apalagi jika produk yang dipasakan memiliki varian dan ciri khas tertentu. Hal senada juga dinyatakan Dimas Seto, Artis sekaligus owner dari Larvawear.com. Produk fashion utuk laki-laki atau wanita masih akan terus direspon publik.

Pasar Bisnis Online untuk Perangkat Elektronik
Bidang elektronik juga merupakan salah satu yang juga sedang banyak diminati di pasaran online. Teknologi yang terus bertumbuh menjadikan produk eletronik selalu menghadirkan hal-hal baru disetiap waktu.

Perlengkapan Bayi dan Anak-Anak
Perlengkapan bayi dan anak-anak menjadi bidang merikutnya yang menjanjikan pada bisnis online. Perkembangan desain dan mode dari produk ini diklaim menjadi sebab ramainya pasaran online perlengkapan bayi dan anak-anak.

Bidang Kesehatan dan Kecantikan
Kebutuhan akan hidup sehat dan tampil cantik di era modern  menjadi sebuah peluang menjanjkan yang kini juga telah jadi primadona di perdagangan online. Maraknya toko online yang sukses menjual produk kecantikan dan kesehatan, seperti obat-obatan, macam-macam make up, alat make up telah menjadi bukti bahwa bidang ini tak bisa diremehkan begitu saja.

Produk Pendukung Hobi
Bentuk hobi dan kegemaran yang telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan hidup yang dipenuhi disela-sela kesibukan kerja sehari-hari termasuk suatu bidang yang juga potensial di bisnis online.

Pasar Usaha Online untuk Sajian Kuliner
Kebutuhan primer yang berhubungan dengan perut ini juga kini sedang banyak diburu para online shopper. 

Produk Accessories
Terakhir, produk yang menjanjikan dan patut dicoba dalam bisnis online adalah aksesoris. Produk yang bisa berwujud  seperti kalung, gelang, batu akik, cincin dan bentuk perhiasan yang lain memang kini sedang digandrungi oleh kaum hawa disegala usia, tergantung segmentasi yang akan disasar.


ciri ciri pasar online
pengertian digitalpreneur
manfaat toko online
pengertian toko menurut para ahli
makalah pasar online






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pasar Online dan Ciri Cirinya"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda