Contoh Struktur Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Semester II Part II
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
Semester : VI/II
Alokasi
Waktu : 6 x 35 Menit
Standar
Kompetensi : Mengartikan Al-Qur’an
ayat-ayat Pilihan
Kompetensi
Dasar : Membaca QS. Al-Maidah ayat 3
dan Al-Hujurat ayat 13
Pertemuan : 1 – 4
Indikator.
·
Melafalkan QS Al-Maidah ayat 3 dan Qs
Al-Hujurat ayat 13
·
Menuliskan Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs.
Al-Hujurat ayat 13
·
Membacakan Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs.
Al-Hujurat ayat 13
I.
Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu membaca Qs Al-Maidah ayat 3 dan Qs.
Al-Hujurat ayat 13
II.
Materi Pokok : Qs
Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
III.
Metode Pembelajaran : Demonstrasi, Praktek
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
·
Guru mengkondisikan kelas
·
Guru dan siswa membaca do’a sebelum belajar
·
Guru mengabsen siswa
·
Guru memeriksa kebersihan kelas
·
Melafalkan hafalan Juz Amma ± 5 menit
·
Menghubungkan pelajaran yang lalu dengan
yang akan dipelajari
·
Siswa mempersiapkan alat tulis
B. Kegiatan Inti
Pertemuan 1
·
Guru melafalkan Qs Al-Maidah ayat 3
·
Siswa membaca satu persatu Qs Al-Maidah
ayat 3
·
Guru menyuruh siswa unuk menulis Qs
Al-Maidah ayat 3 dengan tulisan yang baik
·
Siswa menulis Qs Al-Maidah ayat 3
·
Guru memperhatikan bacaan siswa serta membetulkan bacaan yang masih salah dalam
melafalkannya
·
Siswa secara perorangan mendemonstrasikan
bacaan Qs Al-Maidah ayat 3
·
Guru memperhatikan cara menulis siswa serta
memberikan penjelasan cara menulis huruf Al-Qur’an yang benar sesuai dengan
kaidah-kaidah penulisan Al-Qur’an
Pertemuan 2
·
Guru melafalkan Qs. Al-Hujurat ayat 13
·
Siswa membaca satu persatu Qs. Al-Hujurat
ayat 13
·
Guru menyuruh siswa untuk menulis Qs.
Al-Hujurat ayat 13 dengan tulisan yang baik.
·
Siswa menulis Qs. Al-Hujurat ayat 13
·
Guru memperhatikan bacaan siswa serta
membetulkan bacaan yang masih salah dalam melafalkannya
·
Siswa secara perorangan mendemonstrasikan
bacaan Qs. Al-Hujurat ayat 13
·
Guru memperhatikan cara menulis siswa serta
memberikan penjelasan cara menulis huruf Al-Qur’an yang benar sesuai dengan
kaidah-kaidah penulisan Al-Qur’an.
C. Kegiatan Akhir
·
Siswa secara bersama-sama membaca Qs
Al-Maidah ayat 3 dan Qs. Al-Hujurat ayat 13
·
Guru menyimpulkan materi yang sudah
disampaikan
·
Guru memberitahukan pelajaran yang akan
datang
·
Guru menyuruh siswa untuk membersihkan dan
membereskan kelas kembali
·
Siswa memberi salam sebagai akhir dari
pertemuan
V.
Alat/ Bahan / Sumber :
-
Buku PAI Kelas VI
-
Al-Qur’an dan terjemahannya
VI.
Penilaian :
a. Teknik penilaian :
Tes Lisan, Tulisan, non tes,
perbuatan
b. Bentuk Penilaian : - Isian
dan Essay
- Membaca Al-Qur’an
- Menulis Al-Qur’an
c. Instrumen : - Bacalah
QS. Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
- Tulislah QS. Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13