5 Tanaman Berpenghasilan Dollar di Indonesia Yang Menggiurkan

Indonesia merupakan negara yang sebagian besar penduduknya merupakan petani. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis jenis tanaman yang berpenghasilan dollar yang sangat menggiurkan. Bagi anda yang mencoba berinvestasi di pertanian berikut lima tanaman berpenghasilan dollar di Indonesia.

LADA
Indonesia merupakan salah satu penghasil dan pengekspor utama lada putih di dunia, dimana sentra produksi nya terdapat di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Bangka Belitung. Daerah yang disebutkan terakhir, Bangka Belitung, merupakan produsen lada putih terbesar di Indonesia. Produksi nya mencapai sekitar 80-97 persen dari total produksi lada putih Indonesia dan bahkan, jika melihat sedikit ke belakang, sampai akhir tahun 90-an, pasokan lada putih Bangka Belitung di pasar dunia mencapai 60-80 persen. Harga lada yang terbilang berharga tinggi berada sekitar 150.000 rupiah perkilo. Hal ini yang membuat tanaman lada merupakan tanaman berpenghasilan dollar sangat menggiurkan.

CENGKEH
Budidaya cengkeh sangat menguntungkan sebab harga pe kilogram di pasaran menembus angka 100.000 sampai 200.000 Hal ini tentu sangat menggiurkan membuat cengkeh disebut sebagai tanaman berpenghasilan dollar. Hanya saja, karena kurang mampunya petani memenuhi kebutuhan cengkeh dalam negeri, maka saat ini cengkeh lebih dikenal sebagai salah satu komoditi impor. Celah ini tentu baik jika Anda manfaatkan. Jika kebutuhan cengkeh tinggi, tentu Anda tidak sulit membidik pasar bukan? 

KELAPA SAWIT
Bisnis kelapa sawit memang sangat menggiurkan. Diharapkan jangan sampai mengganggu pangan nasional. Bukan tidak mungkin petani tanaman pangan beramai-ramai beralih menjadi petani kelapa sawit. Sawit sampai 100 tahun ke depan masih merupakan primadona dunia, sebab tahun 2025 nanti dengan penduduk yang sudah mencapai 8 miliar, tentu akan terjadi krisis pangan dan energi. Sawit merupakan salah satu energi alternatif yang memiliki prospek ke depan sangat bagus dan merupakan tanaman berpenghasilan dollar di Indonesia.

CACAO
Kakao adalah komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman yang merupakan bahan baku cokelat ini dapat berbuah sepanjang tahun. Makanya, banyak petani kepincut membudidayakannya. Di Indonesia, kakao banyak tumbuh di daerah Sulawesi, Lampung, dan Flores, Nusa Tenggara Timur. Maklum, di daerah tersebut banyak terdapat lahan tidur yang cocok ditanami kakao. Apalagi, hasil komoditasnya yang bernilai ekonomi tinggi mendorong minat para petani di sana untuk membudidayakannya. Namun, tidaklah mudah membudidayakan tanaman ini. Persiapan naungan dan lahan merupakan dua hal penting yang perlu diperhatikan. 

JATI
Perlu diketahui juga harga kayu jati dipasaran sampai saat ini belum mengenal istilah turun harga, tiap tahun pasti ada kenaikan seiring dengan banyaknya permintaan bahan untuk industi mebel ditambah jumlah produksi yang kian mengecil. Pohon jati kampung yang sudah berumur antara 15 sampai 20 tahun dengan bentuk batang yang lurus tanpa banyak mata alias cabang harganya bisa mencapai 1 juta rupiah, jika ada 100 pohon saja sudah 100 juta rupiah bisa didapat. dengan biaya produksi yang sangat-sangat kecil.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tanaman Berpenghasilan Dollar di Indonesia Yang Menggiurkan"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda