10 DAFTAR NAMA LATIN SPESIES TUMBUHAN DAN SPESIES HEWAN

10 DAFTAR NAMA LATIN SPESIES TUMBUHAN
1. Alpukat (Persea americana)

2. Apel (Pyrus malus)

3. Belimbing Manis (Averrhoa carambola)

4. Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)

5. Ceremai (Phyllanthus acidus)

6. Delima (Punica granatum)

7. Durian (Durio zibethinus)

8. Duwet (Syzygium cumini)

9. Gayam (Inocarpus fagiferus)

10. Jambu Air (Eugenia aquea)


10 DAFTAR NAMA LATIN SPESIES HEWAN

1. Landak atau Malayan Porcupine (Hystrix brachyura)

2. Hiu Tutul atau Whale Shark (Rhincodon typus).

3. Monyet Jambul atau Tonkean Macaque (Macaca tonkeana)

4. Elephas indicus Gajah

5. Nasalis larvatus Kahau, Bekantan

6. Rhinoceros sondaicus Badak Jawa

7. Casuarius casuarius Kasuari

8. Latimeria chalumnae Ikan raja laut

9. Paradisiea apoda : Cendrawasih

10. Delphinus delphis : Lumba-lumba

DESKRIPSI SENDI
Sendi merupakan hubungan antartulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan dua tulang disebut persendian (artikulasi).
MACAM-MACAM PERSENDIAN      
Ada berbagai macam tipe persendian:
Sinartrosis
Sinartrtosis adalah persendian yang tidak memperbolehkan pergerakan. Dapat dibedakan menjadi dua:
  • Sinartrosis sinfibrosis: sinartrosis yang tulangnya dihubungkan jaringan ikat fibrosa. Contoh: persendian tulang tengkorak.
  • Sinartrosis sinkondrosis: sinartrosis yang dihubungkan oleh tulang rawan. Contoh: hubungan antarsegmen pada tulang belakang.
Diartrosis
Diartrosis adalah persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan. Dapat dikelempokkan menjadi:
  • Sendi Peluru : Sendi yang memungkinkan pergerakan ke segala arah. Contoh: hubungan tulang lengan atas dengan tulang belikat, & ( tulang paha dengan gelang panggul )
  • Sendi Pelana : Sendi yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi, namun tidak ke segala arah. Contoh: hubungan tulang telapak tangan dan jari tangan.
  • Sendi Putar  : Sendi yang memungkinkan gerakan berputar (rotasi). Contoh: hubungan tulang tengkorak dengan tulang belakang I (atlas).
  • Sendi Luncur : Sendi yang memungkinkan gerak rotasi pada satu bidang datar. Contoh: hubungan tulang pergerlangan kaki.
  • Sendi Engsel : Sendi yang memungkinkan gerakan satu arah. Contoh: sendi siku antara tulang lengan atas dan tulang hasta.
Tipe Persendian
Kalau ditinjau dari segi tipenya, maka persendian manusia terdiri dari berbagai macam tipe persendian:
  • Amfiartosis. persendian yang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan sehingga memungkinkan terjadinya sedikit gerakan. Contohnya adalah: Sindesmosis: Tulang dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligamen. Contoh:persendian antara fibula dan tibia; Simfisis: Tulag dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang berbentuk seperi cakram. Contoh: hubungan antara ruas-ruas tulang belakang.
  • Sinartrosis. Sinartrtosis adalah persendian yang tidak memperbolehkan pergerakan. Dapat dibedakan menjadi dua: Sinartrosis sinfibrosis: sinartrosis yang tulangnya dihubungkan jaringan ikat fibrosa. Contoh: persendian tulang tengkorak; Sinartrosis sinkondrosis: sinartrosis yang dihubungkan oleh tulang rawan. Contoh: hubungan antarsegmen pada tulang belakang.
  • Diartrosis. Diartrosis adalah persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan. Dapat dikelempokkan menjadi: Sendi peluru: persendian yang memungkinkan pergerakan ke segala arah. Contoh: hubungan tulang lengan atas dengan tulang belikat; Sendi pelana: persendian yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi, namun tidak ke segala arah. Contoh: hubungan tulang telapak tangan dan jari tangan; Sendi putar: persendian yang memungkinkan gerakan berputar (rotasi). Contoh: hubungan tulang tengkorak dengan tulang belakang I (atlas); Sendi luncur: persendian yang memungkinkan gerak rotasi pada satu bidang datar. Contoh: hubungan tulang pergerlangan kaki.; Sendi engsel: persendian yang memungkinkan gerakan satu arah. Contoh: sendi siku antara tulang lengan atas dan tulang hasta.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 DAFTAR NAMA LATIN SPESIES TUMBUHAN DAN SPESIES HEWAN"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda