Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Tujuan Membaca Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Tujuan Membaca Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Sebelum proses belajar mengajar berlangsung, tujuan belajar harus ditetapkan terlebih dahulu, karena tujuan merupakan komponen utama dalam belajar. Di samping itu, tujuan menjadi pedoman bagi seluruh aktivitas belajar. Tujuan belajar harus dirumuskan dengan jelas, karena dengan tujuan yang jelas akan memudahkan memilih aktivitas belajar yang efektif dan efisien. Tujuan belajar juga bias digunakan untuk menyusun alat evaluasi untuk mengetahui apakah proses belajar mengajar berhasil atau tidak. Dalam menyusun atau merumuskan tujuan belajar, yang perlu diperhatikan adalah bahwa tujuan belajar harus meliputi ranah kognitif, ranah psikomotorik, dan ranah afektif.

Bloom dalam Anni, (2005:6) menyatakan bahwa “ranah kognitif terdiri dari 6 jenis perilaku, meliputi:pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi”. Krathwohl dalam Sugandhi, (2004:25) menyatakan bahwa “ranah afektif terdiri dari 5 kategori, yaitu:pengenalan, pemberian respon, penghargaan terhadap nilai, pengorganisasian, dan pengamalan”. Simpson dalam Sugandhi, (2004:27) menyatakan bahwa “ranah psikomotorik terdiri dari 5 kategori, yaitu peniruan, manipulasi, ketepatan gerak, artikulasi, dan naturalisasi.”