Pengertian Media pembelajaran Dalam Proses Belajar

Pengertian Media pembelajaran Dalam Proses Belajar
       Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “Madium”, secara harfiah yang berarti perantara atau pengantar. Dengan demikian media merupakan wahana penyalur informasi atau penyalur pesan (Trastati & Irawan, 2001).
     Beberapa pendapat para ahli tentang pengertian media yaitu sebagai berikut:
1.         Menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran seperti: buku, film, video dan sebagainya.
2.         Menurut National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
3.         Gagne (1987) menggunakan istilah media instruksional untuk menunjukan berbagai macam komponen lingkungan, belajar yang dapat menimbulkan perangsang untuk pembelajar.
4.         Hamalik (1994) mengemukakan bahwa yang di maksud dengan media pendidikan adalah alat, metode dan tehnik yang di gunakan dalam rangka lebih mengefektipkan komunikasi dan interaksi antara guru dan pembelajar dalam proses pendidikan ddalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.
5.         Menurut Edgar Dale, dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip Kerucut Pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.
6.         Media adalah suatu alat yang dipakai sebagai saluran (chennel) untuk menyampaikan pesan (message) atau informasi dari suatu sumber (resource) kepad penerimanya (reciver) (Soeparno, 1988:1).
7.         Media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima (Santoso S. hamijoyo).
8.         Media merupakan segala bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi AECT).
9.         Media adalah segala benda yang dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut (NEA).
10.     Media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan yang merangsang yang sesuai untuk belajar (Brigg).
11.     Media merupakan segala sesuatu yang dapat diindra yang berfungsi sebagai perantara, sarana, alat untuk proses komunikasi belajar mengajar (Rohani, 1997: 2-3).

Dari pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, 






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Media pembelajaran Dalam Proses Belajar"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda