Pengertian Belajar Dari Pendapat Para Ahli Tentang Belajar
Pengertian Belajar Dari Pendapat Para Ahli Tentang Belajar
Ada beberapa pendapat dari para ahli
tentang pengertian belajar diantaranya :
1.
Hilgard dan Bower, dalam buku Theories
of Learning (1975) seperti dikutip Purwanto (2000:84), mengemukakan belajar
adalah proses yang melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan
latihan yang dibedakan dari perubahan-perubahan oleh faktor-faktor yang tidak
termasuk latihan.
2.
Sujana (1989:5) mengatakan bahwa belajar
adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya suatu perubahan pada diri
seorang.
3.
Winkel (1989:36) Belajar adalah
aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan
lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman,
keterampilan, dan nilai sikap. Perubahan itu relatif konstan dan berbekas .
4.
Moskowitz dan Orgel mengatakan bahwa
belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil langsung dari pengalaman dan
bukan akibat hubungan-hubungan dalam sistem saraf yang dibawa sejak lahir
(Darsono, 2000:3).
5.
Cronbach dalam buku Educational psychologi mengemukakan ”Learning is shown by a change in behavior as a result of experience“
(Belajar dapat terlihat melalui perubahan tingkah laku sebagai hasil dari
pengalaman)
6.
Skinner mengemukakan “Learning is a process of progresive
behavior adaption“ (Belajar adalah proses adaptasi tingkah laku secara progresif)
7.
Whitherington mengemukakan “Learning is a change in personality,
manifestation it self as a new pattern of resposes which may be a skill, an
attitude, a habit, an ability or an understanding“ (Belajar adalah suatu
perubahan dalam kepribadian yang di wujudkan dalam perubahan–perubahan
penguasaan pola respon atau tingkah laku baru yang di nyatakan dalam perubahan
ketrampilan, sikap, kebiasaan, kesanggupan atau pemahaman)
Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa belajar adalah merupakan suatu proses usaha yang di lakukan
individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baru secara
keseluruhan sebagai hasil dari
pengalaman individu tersebut dalam interaksi dengan lingkungannya (Abu ahmadi
& M. umar:2004)