Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian Belajar Dari Pendapat Para Ahli Tentang Belajar

Pengertian Belajar Dari Pendapat Para Ahli Tentang Belajar
     Ada beberapa pendapat dari para ahli tentang pengertian belajar diantaranya :
1.         Hilgard dan Bower, dalam buku Theories of Learning (1975) seperti dikutip Purwanto (2000:84), mengemukakan belajar adalah proses yang melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan yang dibedakan dari perubahan-perubahan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk latihan.
2.         Sujana (1989:5) mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya suatu perubahan pada diri seorang.
3.         Winkel (1989:36) Belajar adalah aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap. Perubahan itu relatif konstan dan berbekas .
4.         Moskowitz dan Orgel mengatakan bahwa belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil langsung dari pengalaman dan bukan akibat hubungan-hubungan dalam sistem saraf yang dibawa sejak lahir (Darsono, 2000:3).
5.         Cronbach dalam buku Educational psychologi mengemukakan ”Learning is shown by a change in behavior as a result of experience“ (Belajar dapat terlihat melalui perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman)
6.      Skinner mengemukakan “Learning is a process of progresive behavior adaption“ (Belajar adalah proses adaptasi tingkah laku secara progresif)
7.      Whitherington mengemukakan “Learning is a change in personality, manifestation it self as a new pattern of resposes which may be a skill, an attitude, a habit, an ability or an understanding“ (Belajar adalah suatu perubahan dalam kepribadian yang di wujudkan dalam perubahan–perubahan penguasaan pola respon atau tingkah laku baru yang di nyatakan dalam perubahan ketrampilan, sikap, kebiasaan, kesanggupan atau pemahaman)
     Dengan demikian dapat dikatakan bahwa belajar adalah merupakan suatu proses usaha yang di lakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baru secara keseluruhan  sebagai hasil dari pengalaman individu tersebut dalam interaksi dengan lingkungannya (Abu ahmadi & M. umar:2004)