Pengertian Anti Amuba Obat Generik Farmasi

Anti Amuba
Pengertian Anti Amuba
Anti Amuba Adalah obat-obat yang digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh mikro organisme bersel tunggal (protozoa) yaitu Entamoeba histolytica yang dikenal dengan dysentri amuba.

Penyakit yang disebabkan amuba umumnya menyerang usus. Dengan gejala diare berlendir dan darah disertai kejang-kejang dan nyeri perut, serta mulas pada waktu buang air besar.

Bila pengobatannya tidak tepat penyakit ini dapat menjalar ke organ-organ lain khususnya hati dan menyebabkan amubiasis hati yang berciri radang hati (hepatitis amuba)
Bentuk amuba dan cara penularannya :

Bentuk kista merupakan bentuk yang tidak aktif dari amuba yang memiliki membran pelindung yang ulet dan tahan getah lambung.
Bentuk minuta (kecil)
     Bila makanan yang terinfeksi oleh kista amuba masuk ke usus manusia, kista akan pecah dan berkembang menjadi bentuk aktif yang disebut tropozoit, memperbanyak diri dengan pembelahan dan hidup dari bakteri-bakteri yang ada di usus, akibatnya terjadi luka-luka kecil pada mukosa usus sehingga menimbulkan kejang perut, diare berlendir dan berdarah.
 Bentuk Histolitika
      Pada kasus tertentu tropozoid melewati dinding usus, berkembang menjadi  2 kali lebih besar, lalu menerobos ke organ-organ lain (jantung, paru-paru, otak khususnya hati) di sini tropozoid - tropozoid ini hidup dari eritrosit dan sel-sel jaringan yang dilarutkan olehnya dengan jalan fagositosis sehingga jaringan yang ditempatinya akan mati (nekrosis).

Sebagian tropozoid ada yang menjadi kista, akan keluar bersama tinja si penderita, dengan perantaraan lalat atau tangan yang kotor atau makanan dapat masuk lagi ke tubuh manusia yang lain
            
Penggolongan obat
Dibagi menjadi dua golongan besar yaitu:
1. Obat amubiasid kontak, meliputi senyawa-senyawa metronidazol dan tinidazol, antibiotika antara lain tetrasiklin dan golongan aminoglikosida.
2. Obat amubiasid jaringan, meliputi senyawa nitro-imidazol (metronidazol tinidasol) yang berkhasiat terhadap bentuk histolitika di dinding usus dan jaringan-jaringan lain. Obat golongan ini merupakan obat pilihan dalam kasus amubiasis. Bila metronidazol dan tinidazol tidak efectif dapat digunakan dihidroemetin.

Obat generik, indikasi, kontra indikasi dan efek samping
     
Metronidazol
Indikasi
Infeksi amuba (amubiasis intestinalis, dan abses amuba hepar) juga infeksi oleh trikomonas.
Kontra indikasi
Hipersensitif, hindarkan penggunaan dosis
besar pada wanita hamil dan menyusui
Efek samping
Mual, muntah, gangguan pengecapan, vertigo, ngantuk dan reaksi kulit seperti ruam urtikaria, urin berwarna gelap.
Sediaan
Tablet metronidazol (generik) 250 dan
500 mg ,  tablet vaginal 500 mg.
Cara Penyimpanan
Dalam wadah tertutup baik, terlindung dari sinar. Vaginal tablet harus ditaruh ditempat sejuk

Spesialit obat-obat anti amuba :
NO
GENERIK dan LATIN
DAGANG
PABRIK
1
Kloroquin Fosfat
Resochin
Bayer

(Chloroquinini Phosphas
Nivaquin
Rhone P
2
Metronidazol
Corsagyl
Corsa

(Metronidazolum DOEN)
Flagyl
Rhone P
3
Tinidazol
Fasigyn
Pfizer
4
Nimorazol
Naxogin
Pfizer
5
Secnidazol
Sentyl
Sunthi Sempuri


Flagentyl
Rhone P






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Anti Amuba Obat Generik Farmasi"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda