BAHAN MAKALAH OBATGANGGUAN SISTEM PENCERNAAN KOLAGOGA HEPATOPROTEKTOR

KOLAGOGA 
Pengertian 
Kolagoga adalah zat atau obat yang digunakan sebagai peluruh atau penghancur batu empedu. Batu empedu merupakan penyakit yang terjadi di saluran atau kandung empedu Faktor pencetusnya meliputi hiperkolesterolemia, penyumbatan disaluran empedu dan radang saluran empedu.
Terdapat tiga jenis batu empedu yakni batu kolesterol, batu pigmen dan batu kalsium karbonat (kebanyakan yang terjadi batu empedu campuran). Terapi batu empedu dengan obat perannya relatif kecil bila dibandingkan dengan tehnik pembedahan atau endoskopi.dan laparoskopi.

Terapi dengan obat cocok untuk pasien:

·      Yang gejalanya ringan

·      Fungsi kandung empedu tidak terganggu
·      Ukuran batu empedu kecil sampai sedang.

Pencegahan jangka panjang mungkin diperlukan setelah batu empedunya melarut atau dibuang, karena dapat terjadi kembali pada sebagian pasien sesudah pengobatan dihentikan.

Pengobatan
Obat yang sering digunakan untuk membantu melarutkan batu empedu adalah asam kenodeoksikolat dan asam ursodeoksikolat. Pasien batu empedu dianjurkan melakukan diet kolesterol dan pengobatan dilanjutkan sampai 3 atau 4 bulan sesedah batunya melarut.

Spesialite obat Kolagoga.
NO
GENERIK
DAGANG
PABRIK
1
Asam Kenodeoksikolat
Chenofalk
Darya Varia
2
Asam Ursodeoksikolat
Estazor
Pratapa Nirmala


Pramur
Prafa


Urdafalk
Darya Varia


Ursochol
Pharos


C.            PROTEKTOR HATI  (HEPATOPROTEKTOR)
         
Obat-obat protektor hati adalah obat-obat yang digunakan sebagai vitamin tambahan untuk melindungi, meringankan atau menghilangkan gangguan fungsi hati kerena adanya bahan kimia, penyakit kuning atau gangguan dalam penyaringan lemak oleh hati.
Pada umumnya obat-obat golongan ini mengandung asam-asam amino, kandungan dari tanaman kurkuma (kurkumin) dan zat-zat lipotropik seperti methionin dan cholin. Methionin memiliki peranan penting dalam metabolisme hati sehingga digunakan untuk melawan keracunan yang disebabkan oleh hepatotoksin. Sedangkan choline adalah suatu zat yang dapat mencegah dan menghilangkan perembesan lemak kedalam hati dan juga bekerja melawan keracunan.
Obat-obat ini sebaiknya jangan digunakan pada penderita penyakit hati yang berat karena pada dosis besar dapat memperparah keadaan.


Spesialite obat protektor hati
NO
GENERIK
DAGANG
PABRIK
1
Methionin dan  Vitamin
Methicol
Otto


Methioson
Soho
2
Curcuma
Curcuma
Soho


Curson
Soho


Heparviton
Tempo Scan P


Lanagogum
Landson
3
Asam-asam Amino
Aminofusin Hepar
Baxter Kalbe







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAHAN MAKALAH OBATGANGGUAN SISTEM PENCERNAAN KOLAGOGA HEPATOPROTEKTOR"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda