Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Fungsi Dan Manfaat Karbon Dioksida CO2 Bagi Kehidupan

Setelah membahas tentang pengertian CO2 atau yang biasa disebut Karbon Dioksida, Senyawa ini terdiri dari dua molekul oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah molekul karbon. Gas ini dihasilkan melalui dekomposisi bahan organik serta melalui respirasi dan pembakaran. Jumlah karbon dioksida di lingkungan sebelum awal abad ke-20 terjaga tetap stabil oleh tanaman, yang mampu menyerap gas ini saat melakukan proses fotosintesis. kali ini kita akan membahas fungsi serta manfaat CO2 (Karbon Dioksida) dalam kehidupan sehari hari


Berikut beberapa fungsi dan manfaat CO2 Karbon Dioksida bagi kehidupan sehari hari :

Proses Fotosintesis Tumbuhan
Tak dipungkiri lagi bahwa CO2 sangat berperan pada proses fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan dan yang sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup. Fotosintesis memerlukan CO2 dan air agar dapat menghasilkan karbohidrat, yang dapat di lihat dari persamaan berikut:

6 CO2 + 6 H2O --> C6H12O6 + O2

Pembuatan Es Kering
Manfaat CO2 juga dapat kita jumpai pada proses pembuatan roti yang berfungsi sebagai pengembang roti dengan bantuan ragi. Pada saat roti yang dicampur soda kue atau ragi kita panaskan maka gas CO2 akan dibebaskan dan akan tertangkap oleh kantung gluten yang terdapat pada tepung yang akan menyebabkannya dapt mengembang. Selain itu CO2 padat (es kering) juga digunakan untuk mendinginkan es krim.

Pemadam Kebakaran
Karbon dioksida yang disemburkan pada api melalui selang pemadam kebakaran tersebut akan segera menyelimuti api, sehingga api tidak akan terkena kontak dengan oksigen sehingga pembakaran akan terhenti, karena pembakaran terhenti, maka api dapat segera padam.

Proses pembuatan makanan
Saat ini karbon dioksida dapat dimanfaatkan sebagai unsur pengembang dalam produksi roti. Walaupun karbon dioksida pada pembuatan roti tidak bekerja sendiri, tetap saja tanpa karbon dioksida roti yang kita makan tidak akan seenak roti yang sudah melalui proses peragian bersama karbon dioksida. Selain Co2, manfaat nitrogen juga sangat banyak digunakan untuk industri makanan.

Proses pengelasan
Peran karbon dioksida dalam proses pengelasan adalah sebagai gas pelindung yaitu melindungi terjadinya reaksi oksidasi panas atau api dengan oksigen yang dapat menimbulkan kebakaran atau lidah api. Karbon dioksida pada alat pengelasan akan menjauhkan panas yang dihasilkan dari proses pengelasan. Tidak hanya manfaat gas argon yang dapat kita pakai, ternyata peran karbon dioksida dalam proses pengelasan ini juga akan membuat hasil pengelasan jauh lebih maksimal. Hal ini dikarenakan karbon dioksida dapat menjadi media penghantar panas yang sangat baik. Sehingga proses pengelasan dapat sangat dalam, efisien serta efektif.

Sebagai sumber tenaga listrik
Karbon dioksida di alam semesta ini jumlahnya sangat melimpah. Berbagai proses pembakaran dari hasil industri, kendaraan bermotor atau yang lainnya menghasilkan gas karbon dioksida dalam jumlah besar. Kabar baik untuk kita semua bahwa beberapa penelitian menemukan cara untuk memanfaatkan gas karbon dioksida sebagai bahan atau sumber yang dapat menghasilkan tenaga listrik. Tentu ini akan menjadi penemuan yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia seiring dengan semakin menipisnya bahan-bahan bakar yang bersumber dari fosil yang notabene tidak dapat diperbaharui.

Tag Search :
fungsi karbondioksida,fungsi karbon dioksida,fungsi karbondioksida dalam tubuh,fungsi karbondioksida dalam darah,fungsi karbon dioksida pada tanaman,fungsi karbondioksida bagi tumbuhan,fungsi karbondioksida bagi tubuh,manfaat karbondioksida,manfaat karbondioksida,manfaat karbondioksida bagi tumbuhan,manfaat karbondioksida bagi manusia,manfaat karbondioksida bagi tubuh,manfaat karbondioksida bagi kehidupan di bumi,manfaat karbondioksida bagi bumi,manfaat karbondioksida untuk tumbuhan,manfaat karbondioksida dalam kehidupan sehari-hari,manfaat karbondioksida bagi tubuh manusia,manfaat karbondioksida bagi lingkungan