Definisi Karangan Deskripsi dan Contohnya

Karangan Deskripsi
Karangan deskripsi disebut juga karangan yang melukiskan sesuatu. Berisi gambaran mengenai suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, merasa atau mendengar hal tersebut. Pembicaraan karangan ini dapat beruntun dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan. Dengan kata lain, deskripsi berurusan dengan hal-hal kecil yang tertangkap oleh pancaindera.

Contoh :  Judul : temanku

Kerangka :
1. Nama dan riwayatnya
2. Orang tua dan asal daerahnya, pekerjaannya
3. Penampilannya
4. Pandangan hidupnya
5. Hobi, dan seterusnya.

TEMANKU
Namanya Cempaka Wangi. Ia diberi nama demikian ketika dalam kandungan, ibunya sangat menyukai bunga cempaka. Orang tuanya tinggal di Padang Panjang. Ayahnya Raden Wanamenggala, berasal dari Cirebon, bekerja di AD dan menjabat sebagai komandan Korem. Ibunya, Melati Suci, berasal dari Aceh dan menjabat Guru di SMU Singgalang Bersaudara.
Cempaka Wangi adalah wanita yang lincah. Dengan tinggi badan 170 cm dan berat badan 50 kg ia tampak tinggi semampai. Matanya hitam berkilat dan selalu memancarkan keceriaan. Rambutnya coklat kehitaman, berombak dan dipotong pendek.
Cempaka Wangi memandang hidup ini sebagai air mengalir yang tak ada hentinya......  dan seterusnya.
Untuk membuat pembaca tertarik membaca keseluruhan karangan, maka selain judul menarik, juga perlulah kata-kata atau kalimat-kalimat yang mendahului karangan dirangkai sedemikian rupa sehingga memikat.







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Karangan Deskripsi dan Contohnya"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda