Pengertian Bahan TRINITROTOLUENA TNT Dan Fungsi Kegunaannya

Apa itu TNT dan apa kegunaannya 
Trinitrotoluena (TNT, atau Trotyl) adalah hidrokarbon beraroma menyengat berwarna kuning pucat yang melebur pada suhu 354 K (178 °F, 81 °C). Trinitrotoluena adalah bahan peledak yang digunakan sendiri atau dicampur, misalnya dalam Torpex, Tritonal, Composition B atau Amatol. TNT dipersiapkan dengan nitrasi toluene C6H5CH3; rumus kimianya C6H2(NO2)3CH3, and IUPAC name 2,4,6-trinitrotoluene.



Proses Terbentuknya TNT
Pembuatan TNT dapat dilakukan melalui nitrasi terhadap toluena dengan campuran asam nitrat dan asam sulfat. tahapan ini membutuhkan campuran asam dalam konsentrasi tinggi dan bebas dari SO3.
Trinitrotoluene (TNT, atau Trotyl) adalah kristalin aromatic hydrocarbon berwarna kuning pucat yang melebur pada suhu 354 K (178 °F, 81 °C). Trinitrotoluene adalah bahan peledak yang digunakan sendiri atau dicampur, misalnya dalam Torpex, Tritonal, Composition B atau Amatol. TNT dipersiapkan dengan nitrasi toluene C6H5CH3; rumus kimianya C6H2(NO2)3CH3, and IUPAC name 2,4,6-trinitrotoluene.


Rumus kimianya: 
C7H5N3O6 atau C6H2(NO2)3CH3 

benzena = C6H6 
..toluena = metil benzena 
......TNT = 2-metil-1,3,5-trinitrobenzena 
.............= 2,4,6-trinitrotoluena 



2 C7H5N3O6 → 3 N2 + 5 H2O + 7 CO + 7 C 
2 C7H5N3O6 → 3 N2 + 5 H2 + 12 CO + 2 C

TNT merupakan kependekan dari Tri-Nitro-Toluena. Didapatkan dari penambahan unsur Nitrogen (N) pada senyawa Toluena. Unsur N ini terikat pada tiga kaki Toluena. Disitulah dia mendapatkan nama "Tri" yang artinya tiga. Proses penambahan Nitrogen ini dinamakan Nitrasi. 

TRINITROTOLUENA  (TNT)
  • Dalam industri, TNT disintesis dalam tiga langkah. Pertama, toluena dinitrasi dengan campuran asam sulfat dan asam nitrat untuk menghasilkan mono-nitrotoluene atau MNT. MNT dipisahkan dan kemudian direnitrasi membentuk dinitrotoluene atau DNT. Pada tahap akhir, DNT dinitrasi membentuk Trinitrotoluena atau TNT menggunakan campuran asam nitrat anhidrat dan oleum.
  • Asam nitrat habis dikonsumsi untuk proses industri, tapi asam sulfat encer dapat digunakan kembali. Setelah nitrasi, TNT distabilkan dengan proses yang disebut sulphitation, di mana crude TNT diperlakukan dengan larutan sulfit dan larutan natrium untuk menghilangkan isomer TNT dan produk reaksi yang tidak diinginkan.
  • Air bilasan dari sulphitation dikenal sebagai red water dan merupakan polutan yang signifikan dan merupakan produk limbah dari pembuatan TNT.

Kegunaan TNT
Penggunaan TNT adalah sebagai bahan peledak atau sebagai bahan dasar pembuat peledak yang lain seperti dinamit. Namun TNT masih digolongkan bahan peledak Sekunder karena daya bakarnya yang agak kurang dibandingkan jenis peledak lain seperti Nitro Glycerin dan lain sebagainya.

Kegunaan utama sebagai bahan peledak. 
Kegunaan khusus, TNT dengan modifikasi disesuaikan dengan tujuannnya. 
Digunakan juga sebagai ukuran kekuatan suatu bahan peledak lain. 

Tag Search :
pengertian TNT,pengertian tnt,pengertian tntang cinta,pengertian bahan peledak tnt,pengertian tntc






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bahan TRINITROTOLUENA TNT Dan Fungsi Kegunaannya "

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda