Contoh Format RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bahasa Inggris VII/Satu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan               : SMP N 9 KONSEL
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                     : VII/Satu
Materipokok                           : Greeting, introducing oneself
Alokasi Waktu                      : 1 x pertemuan ( 2 x 40 menit)

A.      KompetensiInti
1.Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya.
2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata.
4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi DasardanIndikatorPencapaianKompetensi

Kompetensi dasar
Indikator pencapaian
3.2       memahami fungsi sosial ,sruktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri,serta responnya , sesuai dengan konteks penggunaannya.

·         Siswa mampu mengidentifikasi  ungkapan salam dan perkenalan
·         Siswa mampu menggunakan ungkapan-ungkapan yang digunakan saat memperkenalkan diri
·         Siswa mampu merespon ungkapan salam dan perkenalan
4.2       menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan ,menanyakan dan merespon perkenalan diri dengan sangat pendek dan sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsu kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
·         Siswa mampu mengucapkan  salam berdasarkan waktu dengan benar
·         Siswa mampu merespon salam dengan benar
·         Siswa mampu mengisi identitas diri dengan benar
·         Siswa dapat membuat teks fungsional pendek tentang memperkenalkan diri
C.       Tujuan Pembelajaran  
·         Dengan belajar berkelompok siswa dapat berinteraksi dengan menggunakan ungkapan menyapa dan memperkenalkan diri dengan baik
D.       Materi Pembelajaran 
Topik              :           Greeting,introducing oneself
Fungsi Sosial        :    mengidentifikasi dan merespon ungkapan salam dan memperkenelkan diri
Struktur Teks       :   
·         an introduction to the subject of the description;
·         characteristic features of the subject, eg physical appearance, qualities, habitual behaviour, significant attributes.
Unsur Kebahasaan: 
·         Kata sifat (big, small, tall, short, fast, colorful, expensive, dsb.)
·         Kata keterangan (very, so, really, extremely, dsb.)
·         Bentuk pendek (It’s, They’re, dsb.)
·         Ungkapan salam (hi,hello,good morning,good day,how are you,how do you do,etc)
·         Kata Tanya (wh questions)
·         Personal pronoun as subject,(I,you,we,they,he,she,it)
·         Possessive adjective(my,your,our,their,his,her,its)
·         Nama-nama kebangsaan
·         Kata kerja dalam the simple present tense: have, has, be, dsb.
·         Ucapan, tekanan kata, intonasi, dan ejaan
E.         Metode Pembelajaran
1.         Contextual Teaching and Learning = Pembelajaran kontekstual
2.         Communicative Language Teaching = Pembelajarankomunikatif
3.         Cooperative learning

Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

a.        Pendahuluan  (10 menit )
1) Guru menyapasiswamenggunakanBahasaInggris agar terciptaEnglish environment.
b.        2) Guru mengecekkehadiransiswa.
c.         Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)     Siswa mengamati contoh ungkapan untuk menyapa orang dan memperkenalkan diri dalam teks fungsional pendek berbentuk dialog yang diberikan oleh guru .
2)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang dan ungkapan yang di gunakan untuk memperkenalkan diri, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, How are you?,how do ,you do,my name is...,my school is..,I live in...,etc
3)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan, seperti: Good morning, good afternoon, good evening, good night, I’m fine, thank you,how do you do,my name is tasya,my school is smp...,I live in kendari,etc
Mempertanyakan:
4)     Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
Bereksplorasi:
5)     Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk menyapa orang dari berbagai sumber.
Mengasosiasi/menganalisis
6)     Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk menyapa orang dan memperkenalkan diri untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi
7)     Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk menyapa dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut.
d.        Penutup
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat dialog singkat dan mempraktikkan ungkapan sapaan dan memperkenalkan diri tersebut di depan kelas
4)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.
F.      Sumber Belajar
Buku english in focus for grade VII junior high school (SMP/MTS)
Lesson 1: what is  your name?
Tridana mulya, ................2013                                   Mengetahui                                                                           
Kepala SMP Negeri 9 KONSEL                                            Guru Mata Pelajaran


NI PUTU MURNI,S.Pd                                                              DYAH ESTI WARDANI,S.Pd
NIP. ...                                                                                                NIP. ...


Untuk mendapatkan file Format RPP dalam bentuk word klik DISINI


Tag Search :
contoh rpp,contoh rpp,contoh rpp ktsp,contoh rpp kurikulum 2015,contoh rpp bahasa inggris,contoh rpp ktsp sd,contoh rpp ktsp 2006,contoh rpp ktsp smp,contoh rpp sd,contoh rpp ktsp sma,contoh rpp kurikulum 2013 smp






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Format RPP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bahasa Inggris VII/Satu"

Post a Comment

Berkomentarlah Sesuka Hati Anda