Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Karya Ilmiah CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPA MATERI POKOK CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD  
DI KELAS VI SDN  9 MOWILA
KAB. KONAWE SELATAN

NAMA : MAIL
NIM : 820 503296


ABSTRAK

MAIL , 2014, “Meningkatkan hasil belajar siswa bidang studi ipa materi pokok ciri khusus makhluk hidup melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD  di kelas VI SDN 9 Mowila kab. Konawe Selatan.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Ciri Khusus Makhluk Hidup di Kelas VI SDN 9 Mowila. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 9 Mowila  pada materi pokok Ciri Khusus Makhluk Hidup melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2014 di kelas VI SDN 9 Mowila  Kecmatan Mowila Kabupaten Konawe Selatan dengan jumlah siswa 16 orang yang teridiri dari 10 laki-laki dan 6 perempuan. Prosedur penelitian ini adalah (1) Perencanaan, (2) Pelaksanakan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi . hipotesis dalam penelitian ini adalah “Meningkatkan hasil belajar siswa bidang studi ipa materi pokok ciri khusus makhluk hidup melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD  di kelas VI SDN 9 Mowila kab. Konawe Selatan. Sumber  data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pokok Ciri Khsusus Makhluk Hidup di kelas VI SDN 9 Mowila dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68,75% dan pada siklus II sebesar 81,25%. Sedangkan rata-rata pada siklus I sebesar 71,25% dan siklus II sebesar 73,25%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Makhluk Hidup, Tipe STAD.