Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Contoh Laporan Hasil Program Kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN)

BAB I
PENDAHULUAN

Pembangunan nasional pada hakikatnya adalah membentuk manusia seutuhnya menuju masyarakat adil, makmur yang diridhoi Allah SWT, berasaskan pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, untuk mewujudkan hal tersebut perlu ada keterpaduan antara pemerintah dan masyarakat dalam lingkungan perguruan tinggi.

Keterlibatan mahasiswa dalam proses pembangunan di pedesaan yang diformat dalam bentuk KULIAH KERJA NYATA (KKN) merupakan bagian dari proses pembangunan nasional secara umum.

Tujuan pembangunan pedesaan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam bentuk ketaqwaan (masyarakat relijius) peningkatan pendapatan serta mendorong munuju pola hidup secara sehat dan mandiri.

Kehadiran mahasiswa KKN sebagai motivator pembangunan pedesaan diharapkan dapat mengarahkan daya dan pikiran guna mempercepat proses pembangunan di pedesaan.

Dengan ilmu yang dimiliki, mahasiswa KKN tidak memandang KKN sekedar sebagai jenjang atau syarat yang harus dilalui dalam studi di perguruan tinggi, tetapi lebih dari itu KULIAH KERJA NYATA (KKN) merupakan sebagai suatu kegiatan yang lebih diarahkan pada hal-hal yang berorientasi pada pengabdian masyarakat atau tempat dimana mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dibangku kuliah kepada masyarakat dalam bentuk karya nyata, sehingga baktinya yang didasari sebagai potensi akademik dapat membantu masyarakat menuju masyarakat modern yang berjiwa relijius, sejahtera, makmur dengan keridhoan Allah SWT.

Dasar dan tujuan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah:

Pancasila dan UUD 1945 
  • Tap MPR No. 11/MPR/1998 bahwa perguruan tinggi dikembalikan peranannya antara lain diarahkan untuk mendidik mahasiswa agar mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa penuh pengabdian dan rasa tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara. 
  • Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 
  • Keputusan Presiden RI No. 21 Tahun 1984 tentang pendidikan dan generasi muda dimana kebijaksanaan pendidikan mahasiswa manunggal dengan rakyat merupakan darma ketiga Tridarma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA). 
  • Kebijaksanaan dalam pengembangan pendidikan tinggi tanggal 17 Februari 1975.


Tag Search :
laporan hasil kkn,laporan hasil kkn,laporan hasil kkn posdaya,laporan hasil kkn download,laporan hasil kkn tematik,laporan hasil kkn fakultas hukum,laporan hasil kkn stai,laporan hasil observasi kkn uii,laporan hasil observasi kkn,laporan hasil akhir kkn,format laporan hasil kkn