Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

PENINAIAN STATUS GIZI SECARA LANGSUNG

PENINAIAN STATUS GIZI SECARA LANGSUNG 

Penilain status sizi secara langsung adalah cara penilaian dimana penilai secara langsung mengambil dan memeriksa specimen, mengukur, menimbang BB subjek (penderita). Penilaian status gizi secara langsung dapat dibagi menjadi empat penilaian tersebut yaitu : antropometri, klinis, biokimia, dan biofisik. Masing-masing penilaian tersebut akan dibahas secara umum sebagai berikut.

1. Cara Antropometri
Pengertian
      Secara umum antropometri artinya ukuran tubuh manusia. Ditinjau dari sudut pandang    gizi, maka antropometri gizi berhubungan dgn berbagai macam pengukuran dimensi tubuh dan komposisi tubuh dari berbagai tingkat umur dan tingkat gizi.  

 Penggunaan
    Antropometri secara umum digunakan untuk melihat ketidakseimbangan asupan protein dan energi. Ketidakseimbangan ini terlihat pada pola pertumbuhan fisik dan proporsi jaringan tubuh seperti : lemak, otot dan jumlah air dalam tubuh.


2. Cara Klinis
 Pengertian
    Pemeriksaan klinis adalah  Metode yang sangat penting untuk menilai status gizi masyarakat. Metode ini didasarkan atas perubahan-perubahan yang terjadi yang dihubungkan dengan ketidakcukupan zat gizi. Hal ini dapat dilihat pada jaringan epithel (supervicial epithelial tissue) seperti kulit, mata, rambut dan mukosa oral atau pada organ-organ tubuh yang dekat dangan permukaan tubuh seperti kelenjar tiroid.

Penggunaan
    Penggunaan metode ini umumnya digunakan untuk survei klinis secara cepat (rapid clinical surveys).  Survei ini dirancang untuk mendeteksi secara cepat tanda-tanda klinis yang umum dari  kekurangan salah satu atau labih zat gizi.  Disamping itu juga digunakan untuk mengetahui tingkat status gizi seseorang dengen melakukan pemeriksaan fisik yaitu tanda-tanda (signs) dan gejala-gejala (symptoms) atau riwayat penyakit.

3. Biokimia
Pengertian
Penilaian status gizi dangan biokimia adalah Pemeriksaan spesimen yang diuji secara di laboratoris yang dilakukan pada berbagai macam jaringan tubuh.  Jaringan tubuh yang digunakan antara lain : darah, urine, tinja dan juga beberapa jaringan tubuh seperti hati dan otot.
Penggunaan
Metode ini digunakan untuk suatu peringatan bahwa kemungkinan akan terjadi keadaan manultrisi yang lebih parah lagi.  Banyak gejala klinis yang kurang spesifik,      
maka penentuan kimia faali dapat lebih banyak menolong untuk menentukan kekurangan gizi ysng lebih spesifik.

4. Biofisik
Pengertian
Penentuan status gizi secara biofisik adalah. Metode penentuan status gizi dangan melihat kemampuan fungsi (khususnya jaringan) dan melihat perubahan struktur dari jaringan.
Penggunaan  
Umumnya dapat digunakan dalam situasi tertentu seperti kejadian buta senja epidemik (epidemic of night blindnes).  Cara yang digunakan adalah. Tes pada adaptasi gelap.