Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Tugas Makalah TIK SMP PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

Tugas Makalah TIK SMP
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA


OLEH :
Kelompok :


SMP NEGERI 2 LANDONO 
TAHUN PELAJARAN 2012/2013



A.   LATAR BELAKANG
Sebagai paket Office yang semakin populer, OpenOffice.org   menawarkan sejumlah kelebihan, balk dari sisi lisensi ataupun teknis. Apa saja kelebihan OpenOffice.org dibanding Microsoft Office? Sebagai paket Office yang semakin populer, OpenOffice.org menawarkan sejumlah kelebihan, baik dari sisi lisensi ataupun teknis. Apa saja kelebihan OpenOffice.org dibanding Microsoft Office?
Boleh dikatakan, hampir tidak ada pengguna komputer aktif yang tidak mengenal paket office Microsoft Office. Sebagian pengguna komputer bahkan tidak bisa bekerja produktif tanpa produk tersebut. Sudah bertahun-tahun lamanya, Microsoft Office menguasai pasar. Pengguna semakin termanjakan dan tergantung. Harga lisensi penggunaan MS Office memang cukup berpotensi membuat “Jantungan". Harga satu paket lengkap bahkan bisa lebih Mahal dari hardware komputer yang cukup baru.


B.   PEMBAHASAN
1.    Mengenal Perangkat Lunak Pengolah Kata
Software pengolah kata yang kita bahas ini menggunakan perangkat lunak OpenOffice.org Writer yang dijalankan dengan sistem operas! Linux. Perangkat lunak ini merupakan program satu paket saat kamu menginstal Linux di komputer sendiri. Karena sistem operasi Linux sudah menyiapkan beberapa paket dalam penginstalan termasuk aplikasi yang digunakan untuk perkantoran dan multimedia di dalam satu kaset piringan (Compact Disc).
a)    Sekilas tentang Program Pengolah Kata
OpenOffice.org Writer merupakan bagian program dari aplikasi perkantoran OpenOffice.org. Selain tugas utamanya untuk membuat naskah dalam bentuk dokumen, OpenOffice.org Writer juga dapat menyisipkan gambar, membuat tabel dan melakukan perhitungan sederhana.
Kamu pasti bertanya, kenapa menggunakan OpenOffice.org Writer kalau yang paling populer adalah Microsoft Word? Ada beberapa keuntungan menggunakan OpenOffice.org Writer dibanding kan dengan aplikasi yang sejenis, yaitu:
1)   Free Software, aplikasi gratis yang bisa didapat dari mengkopi, download atau dari manapun, tanpa diharuskan membayar lisensi. Dan bebas pula untuk diinstal ke beberapa komputer dan dikopikan kemanapun dan yang paling penting didukung oleh komunitas di seluruh dunia.
2)   Format dokumen yang digunakan menggunakan Open Document Format (.odt) sehingga dapat dibuka oleh pengolah kata yang lain, seperti AbiWord, StarWriter, dan sebagainya.
3)   File dokumen yang digunakan tidak rentan sebagai pembawa virus.
4)   Dapat membuka file yang dibuat dengan Microsoft Word dengan baik.
5)   Dapat menyimpan file dengan format Microsoft Word, sehingga dapat dibuka dengan baik juga oleh Microsoft Word.
6)   Tersedia untuk sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan Solaris.
7)   Tersedia versi portable (tanpa harus diinstal ke komputer).

b)   Mengenal; OpenOffice.org Writer
OpenOffice.org Writer dapat berjalan di tempat sistem operasi yang berbeda, yaitu sistem operasi Linux, Windows, Mac, dan Solaris. Namun begitu, pada keempat sistem operasi tersebut memiliki langkah-langkah untuk memulainya yang sedikit berbeda. Dalam buku ini, kita menggunakan sistem operasi Linux dengan distro Ubuntu.
Untuk pengguna di sistem operasi Linux, menu yang digunakan untuk menjalankan program pengolah kata OpenOffice.org Writer adalah sebagai berikut :
1)   Klik tombol Application.
2)   Pilih Office.
3)   Klik OpenOffice.org Writer.

a.    Title Bar
Berfungsi sebagai judul dan informasi nama file yang sedang aktif atau sedang dijalankan. Terletak pada posisi paling atas pada jendela dokumen OpenOffice.org Writer.

b.    Kontrol Jendela
Tiga fungsi pada kontrol ini, yaitu :
1.    Minimize windows, berfungsi untuk memperkecil tampilan OpenOffice.org Writer.
2.    Maximize dan Unmaximize windows, berfungsi untuk mengembalikan ukuran tampilan pada OpenOffice.org Writer dan untuk memperbesar tampilan jendela kerja program aplikasi OpenOffice.org Writer.
3.    Close windows, berfungsi untuk menutup jendela program aplikasi OpenOffice. org Writer

Untuk dapat mengakhiri jendela program aplikasi OpenOffice.org Writer, ada 2 (dua) cara penggunaannya :
1.    Cara pertama, digunakan untuk menutup lembar kerja tanpa mengakhiri atau keluar dari program OpenOffice.org Writer, yaitu :
Klik menu File, kemudian pilih dan klik Close.
2.    Cara kedua, digunakan untuk menutup lembar kerja dan mengakhiri atau keluar dari program OpenOffice.org Writer, yaitu :
Klik menu File, kemudian pilih dan klik Exit, atau
Klik tanda silang (x) pada komponen kontrol jendela

2.    Menu, Toolbar dan Ikon pada program OpenOffice.org Writer
Komponen-komponen yang sebelumnya sudah disebutkan di atas, merupakan bagian yang terdiri atas menu, toolbar dan ikon-ikon di dalamnya. Pada subbab ini, akan dijelaskan lebih lanjut tentang bagian komponen tersebut.
a)   Menu pada OpenOffice.Org Writer
Menu merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dan berfungsi untuk mengaktifkan dan menjalankan perintah-perintah atau instruksi dalam pembuatan dokumen di program aplikasi OpenOffice.org Writer.
Menu Bar berisi pilihan menu-menu yang berfungsi sebagai perintah untuk mengolah dokumen lembar kerja di OpenOffice.org Writer. Menu Barterletak pada bagian atas, di bawah judul dokumen. Menu utama atau disebut dengan Menu Bar terbagi menjadi beberapa kelompok menu-menu, yaitu :
1)   Menu File, jika menu ini dipilih maka akan memunculkan Drop-Down menu yang disebut sub menu, di antaranya: New, Open, Save, Close, Print, Exit dan sebagainya. Menu ini berhubungan dengan pengaturan dokumen, seperti membuat dokumen baru, membuka, menyimpan dan mencetak.
2)   Menu Edit, berfungsi dalam proses peng-editan atau perubahan tulisan. Di dalamnya sub menu Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, Select All, dan sebagainya. Seperti menyalin, memindahkan dan memilih teks atau kalimat pada dokumen.
3)   Menu View, menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja dan di dalamnya terdapat sub menu PrintLayout, Web Layout, Toolbars, Zoom dan sebagainya. Seperti mengubah ukuran lembar kerja, bentuk tampilan dokumen, meng-aktifkan dan me-non-aktifkan menu toolbar.
4)   Menu Insert, berfungsi untuk menyisipkan objek tertentu ke dalam lembar kerja. Di dalamnya terdapat sub menu Manual Breaks, Row, Column, Picture, Table, Object dan sebagainya.
5)   Menu Format, berfungsi untuk mengatur format dari lembar kerja seperti format teks, lebar baris dan kolom, ukuran kertas, paragraf, perataan teks dan sebagainya.
6)   Menu Table, berfungsi untuk membuat, mengatur dan menyunting tabel.
7)   Menu Tools, berfungsi untuk mengubah dan mengatur berbagai macam aturan pada lembar kerja, seperti bahasa, pemeriksaan ejaan, jumlah kata, mail merge, dan sebagainya.
8)   Menu Window, berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur dan memilih jendela kerja aplikasi OpenOffice.org Writeryang aktif.
9)   Menu Help adalah menu bantuan yang berisi fasilitas petunjuk bantuan penggunaan OpenOffice.org Writer.

b)   Menu pada OpenOffice.org Writer
Toolbar berisi berbagai macam tombol berbentuk ikon gambar-gambar yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Misalnya proses membuka file dokumen yang sudah disimpan, yang diaktifkan dengan menu File > Open dan dapat digantikan dengan mengklik tombol Open (tombol yang memiliki ikon bergambar folder file).
Untuk mengaktifkan dan menyembunyikan menu toolbar, kamu bisa mengaturnya melalui menu View - Toolbars, kemudian beri atau hilangkan tanda cek list (v).

1)   Standard Toolbar (Toolbar Standar)
Toolbar standar adalah sekumpulan ikon-ikon atau gambar sebagai jalan pintas yang berfungsi dalam melakukan perintah-perintah pengaturan dokumen, seperti menyimpan, membuka, mencetak, menyalin teks dan sebagainya. .
2)   Formatting Toolbar (Toolbar Pemformatan)
Pada formatting toolbar, terdapat ikon-ikon yang sering kita gunakan. Ikon tersebut berguna untuk mengatur dan memodifikasi penulisan pada dokumen. Dengan ini kita dapat memodifikasi teks dengan cepat.
3)   Drawing toolbar (Toolbar Menggambar)
Pembuatan dokumen yang disertai dengan gambar, warns, teks artistik dan simbol objek, akan membuat menarik isi dan tampilan dari sebuah dokumen. Drawing toolbar berfungsi untuk membuat atau menyisipkan gambar, simbol, objek, teks artistik dan sebagainya pada lembar kerja dokumen.
4)   Status Bar
Status bar adalah kotak yang terletak paling bawah dari program aplikasi OpenOffice.org Writer dan berfungsi untuk menampilkan informasi halaman, gaya halaman, bahasa, ukuran tampilan, bahasa, dan sebagainya.
5)   Scroll Bar
Scroll bar adalah bagian dari OpenOffice.org Writer yang berfungsi untuk menggeser halaman yang sedang aktif. Ada dua buah scrollbar, yaitu scrollbar horizontal untuk menggeser halaman ke arah kanan atau kiri, scrollbar vertikal untuk menggeser halaman ke arah atas atau bawah.
c)   Shortkey pada OpenOffice.org Writer
Shortkey atau kunci kombinasi pada keyboard berfungsi supaya kamu bisa menggunakan menu bar dan toolbar yang ads tanpa harus memakai mouse. Sehingga kamu akan terbiasa menggunakan keyboard untuk menggunakan fungsi-­fungsi tersebut.

C.   KESIMPULAN
1.    OpenOffice.org Writer merupakan salah satu program perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pengolah kata dan bersifat Free Software, berguna untuk membuat dokumen, brosur, makalah maupun kertas ucapan.
2.    Jendela OpenOffice.org Writer terdiri atas dua belas komponen, antara lain yaitu: title bar, menL bar, toolbar standar, formatting toolbar drawing toolbar dan status bar. Pada komponen menu bar, di dalamnya terdapat menu-menu yang dikelompokkan berdasarkan fungsi perintahnya Jika kita mengklik salah satu menu, akan muncul jendela drop-down.
3.    Ikon adalah simbol dari shortcut yang berfungsi untuk mempercepat suatu perintah yang akar dijalankan atau dipilih dalam membuat dan memodifikasi suatu dokumen di program aplikas OpenOffice.org Writer. Ikon-ikon tersebut terletak di dalam bagian menu toolbar standar formatting toolbar dan drawing toolbar.
4.    Keyboard dan mouse merupakan dua contoh bagian dari hardware berupa alat input. Keyboar. Berfungsi untuk memasukkan angka, huruf, simbol dan karakteristik tertentu yang ditampilkan ­pada layar monitor komputer. Sedangkan mouse berfungsi untuk memilih menu-menu dalam menjalankan perintah-perintah tertentu sesuai keinginan berupa simbol atau ikon pada jendela ­OpenOffice.org Writer.
5.    Dalam memodifikasi atau mengedit suatu teks dan paragraf tertentu dalam dokumen OpenOffice org Writer, diperlukan tool-tool perintah pada menu formatting toolbar. Sehingga teks atau paragraf tersebut dari yang penulisannya biasa-biasa saja kemudian akan menjadi lebih menarik dan lebih rapih struktur tulisannya.


D.   SARAN