Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Tugas Makalah TIK SMP MEMBUAT DOKUMEN SEDERHANA

Tugas Makalah TIK SMP
MEMBUAT DOKUMEN SEDERHANA 



OLEH : 
Kelompok VI (Enam) : 


SMP NEGERI 2 LANDONO 
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


  1. Latar Belakang (Materi Pengantar)
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini sangat cepat. Hal ini ditandai dengan munculnya alat-alat teknologi yang dibuat oleh manusia. Alat teknologi ini sangat membantu aktifitas manusia sehari-hari sehingga lebih efisien, cepat dan akurat.
Selain teknologi pada perangkat keras, kita juga mengenal perangkat lunak atau software. Aplikasi perangkat lunak yang sering kita gunakan sehari-hari untuk membuat dokumen, brosur atau undangan merupakan bagian perangkat lunak yang disebut dengan perangkat lunak aplikasi. Open Office org Writer merupakan aplikasi perangkat lunak untuk mengelolah dokumen dan bersifat gratis.

Jika kamu pernah membuat dokumen atau surat undangan dengan menggunakan Microsoft Word, Open Office. org Writer pun juga sangat mudah untuk membuat dokumen. Kamu bisa membuat dokumen dengan format teks dan modifikasi kertas yang akan kamu ketik nanti. Selain itu juga kamu bisa melakukan proteksi atau perlindungan dari file dokumen kamu, jika ada orang yang menggunakan komputer pribadi. Dengan proteksi file dokumen tersebut, orang lain tidak akan bisa membuka isi file dokumen kamu.,

B. Pembahasan (Menguraikan Materi)
  1. Menyimpan Dokumen
Setelah teks penulisan dokumen selesai diketik        , maka dilakukan penyimpanan dengan memberi nama file dokumen. Penyimpanan dapat kamu lakukan ke dalam berbagai media penyimpanan yang didukung oleh komputer yang menjalankan Open Office. org Writer, misalnya hard disk, disket atau FIashdisk.
1.   Save
Untuk proses penyimpanan dokumen pada program aplikasi Open Office. org Writer  tersebut kamu dapat melakukannya dengan beberapa cara, yaitu :
1.   Memilih menu File > Save
2.   Menggunakan tombol kombinasi pada keyboardCtrl + S.
3.   Mengklik tombol ikon disket pada menu toolbar standar.

2.   Save As
Apabila sebuah dokumen pernah disimpan sebelumnya, maka penyimpanan berikutnya hanya dilakukan terhadap perubahan yang terjadi tanpa meminta nama dokumen sebelumnya. Namun untuk proses penyimpan dilakukan dengan penggantian nama dokumen yang baru dari nama dokumen sebelumnya, kamu dapat meakukannya dengan cara :
1.   Memilih menu File > Save As.
2.   Menggunakan tombol kombinasi pada keyboard. Ctrl+Shift+S.
3.   Menyimpan dengan password
Untuk keamanan file dokumen yang kamu buat, Open Office.org Writer telah ­memiliki fasilitas tambahan pada kotak dialog Save. Caranya adalah sebelum kamu  menekan tombol Save, beri tanda cek list ( V ) pada kotak Save with passwor kemudian masukkan nama file dokumen lalu tekan tombol Save.

  1. Mencetak Dokumen
Setelah teks dokumen yang kamu ketik sudah selesai dan format dokumen sudah sesuai dengan keinginanmu, dokumen tersebut dapat dicetak ke media pencetakan yaitu printer. Sebelum kamu melakukan pencetakan dengan printer, pastikan program aplikasi printer sudah terinstal di dalam komputermu.
Ada beberapa langkah untuk melakukan pencetakan dokumen melalui printer, yaitu:
1.   Memilih menu File > Print.
2.   Menggunakan kombinasi pada keyboard., Ctrl + P.
3.   Mengklik tombol ikon printer pada menu toolbar standar.

C.   Penutup
1.   Kesimpulan
Membuat dokumen sederhana biasanya disebut dengan perangkat lunak, dengan menggunakan alat teknologi ini, seseorang dapat membuat dokumen, brosur atau undangan. Org Writer  merupakan aplikasi perangkat lunak untuk mengolah dokumen dan bersifat gratis.
Manfaat dari membuat dokumen yaitu membantu aktifitas manusia sehari-hari sehingga lebih efisien, cepat dan aktual. Selain itu membuat dokumen atau atau surat undangan dengan menggunakan Microsoft Word, openoffice org. Writer pun juga sangat mudah untuk membuat dokumen. Kamu dapat membuat dokumen dengan format teks dan modifikasi kertas yang kamu ketik nanti.
Cara menyimpan dokumen yang sudah diketik, yaitu dengan menggunakan perintah save atau save as, kamu juga bisa memberikan Password atau kata kunci pada dokumen, sehingga jika ada orang lain yang ingin menggunakan komputermu kamu, tidak dapat membuka file Dokumen yang tersimpan didalamnya.
Contohnya :
Sobat akan membuka dokumen menggunakan komputer sobat, nah biasa kita mengetik, lalu menyimpan dengan menggunakan cara save atau save as, setelah itu dokumen yang selesai diketik dan format sesuai dengan keinginanmu, dokumen tersebut dapat dicetak kemedia pencetakan yaitu printer. Sebelum sobat melakukan pencetakan dengan printer, pastikan Program aplikasi sudah terinstal di dalam  komputer sobat.

D.  Saran.
Bertolak ukur dari berapa pentingnya teknologi membuat dokumen sederhana pada saat ini karena perkembangan teknologi membuat dokumen sederhana pada saat ini karena perkembangannya sangat pesat.
Penyusun memberikan saran sebagai berikut :
1)   Membuat dokumen sederhana merupakan suatu media yang menyebar luaskan sehingga perlu dipelajari oleh masing-masing siswa untuk lebih memahami pelajaran komputer.
2)   Jika siswa sudah mengetahui cara membuat dokumen sederhana, bisa dibayangkan betapa banyaknya manfaat dari berselancar di internet.
3)   Membuat dokumen sederhana bermanfaat bagi siswa dalam aplikasi manusia sehari-hari sehingga lebih cepat dan akurat.

E.   Kesimpulan
1.   Untuk membuat dokumen baru menggunakan program Open Office.org Writer sangatlah mudah. Dengan memilih ikon bergambar kertas pada menu toolbar standar, lembar kerja kosong akan ditampilkan.
2.   Pengaturan format lembar kerja sangatlah penting dalam membuat suatu dokumen, misalnya membuat surat kerja atau surat undangan. Pengaturan format halaman ini dapat kamu lakukan di menu File > Page, Semua format halaman dan paragraf ada di dalam.
3.   Header dan Footer bisa kita masukkan untuk menandakan suatu label dari halaman ke halaman. Label tersebut bisa berubah tanggal, nomor halaman. gambar ataupun nama judul halaman.
4.      Tahap terakhir adalah penyimpanan dokumen. Dokumen yang kamu ketik bisa disimpan dengan cara, yaitu dengan menggunakan perintah Save atau Save As. Kamu juga bisa memberikan password atau kata kunci pada dokumen, sehingga jika ada orang lain yang ingin menggunakan dokumen kamu, tidak dapat membuka file dokumen yang tersimpan di dalamnya.

 Saran