Tugas Makalah BAHASA INDONESIA PENGARUH BUDAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 1 LANDONO
Tugas : Makalah BAHASA INDONESIA
PENGARUH BUDAYA TERHADAP
KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 1 LANDONO
Oleh :
NAMA : Mail Costik
KELAS : XI IA 3
SMA NEGERI 1 LANDONO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sebagai siswa yang selalu beraktifitas dan berusaha memenuhi kebutuhan
disekolah dituntut dengan berdisiplin dalam usahanya, sebab waktu akan terus
bergulir dengan alurnya sendiri dan siswa siswi hanya bisa memperlambat,
mempercepat atau menghentikannya oleh waktu. Kedisiplinan menjadi penting dan
menjadi kunci keberhasilan.
Hal sekecil apapun jika dilakukan dengan kedisiplinan tinggi pasti akan
mencapai hasil yang bagus dan maksimal serta sempurna.
Oleh sebab itu marilah kita tinggkatkan kedisiplinan kita khususnya
dalam disiplin waktu.
B.
Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk :
-
Mengetahui ketidakmampuan dalam bertindak cepat dan bekerja dengan tepat
waktu.
-
Mengetahui kurangnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Landono dalam disiplim
waktu, dalam mengikuti aturan sekolah.
BAB II
LANDASAN TEORI
Kedisiplinan
kedisiplinan adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan
tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh
tanggung jawab tanpa paksaan dari siapapun.
BAB III
PROSES PENELITIAN
Penelitian
ini dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan dengan meneliti aktifitas
keseharian remaja SMA Negeri 1 Landono yang berumur 16-18 tahun.
·
Lokasi Penelitian
Pengambilan
lokasi responden dilakukan meliputi SMA Negeri 1 Landono.
·
Cara Pengambilan Data
Pengambilan
data dilakukan melalui cara Observasi.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
A.
Hasil Observasi
Responden : siswa-siswi
yang terlambat datang akan mendapat sanksi dari pihak yang berwajib untuk
diberi pembelajaran.
Tujuan pengamatan
adalah untuk :
1.
untuk menghitung persentase remaja yang sering melakukan pelanggaran.
2.
mengamati setiap remaja yang melakukan pelanggaran.
Adapun hasil
Pengamatan tersebut adalah sebagai berikut :
No.
|
Jenis Perilaku Menyimpang
|
Tempat
|
Jumlah
|
Umur Remaja
|
1.
2.
.
|
Suka terlambat
Tidak berpakaian seragam
|
Lingkungan sekolah
|
Tidak menentu
|
15-18 Tahun
15-18 Tahun
|
B.
Hasil Angket
·
Angket I
Angket I
adalah angket yang pertanyaannya bersifat umum dan terbuka, ditujukan untuk
mengetahui secara umum gambaran tentang kedisiplinan.
·
Angket II
Angket II
berisi pertanyaan-pertanyaan yang bersifat tertutup. Angket ditujukan untuk
mengetahui secara detail minat responden terhadap kedisiplinan yang diteliti.
C.
Hasil Wawancara
Berdasarkan hasil wawancara 5 orang remaja SMA Negeri 1 Landono,
diperoleh data sebagai berikut : (1) dari 560 sekian siswa SMA 1 Landono ada
beberapa siswa yang bermasalah dalam disiplin.
D.
Analisis Data
Dalam Analisis ini ada sekelompok siswa yang bermasalah dan ada pula
siswa yang tidak bermasalah.
BAB V
PEMABAHASAN
Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Siswa-siswi SMA N 1 Landono yang kurang
kedisiplinannyadl mengikuti peraturan.
v Hasil Observasi.
Persentase
siswa yang bermasalah sebagai berikut :
-
Suka terlambat =
50%
-
Tidak menggunakan pakaian seragam =
25%
BAB VI
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Berdasarkan
penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut :
1.
Secara umum siswa SMA N 1 Landono kurang dalam berdisiplin.
2. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa SMA N 1 Landono, mempunyai
kebiasaan yang kurang baik dan harus diubah secara bertahap.
B.
Saran-saran
Berdasarkan
hasil penelitian diatas, peneliti menyarankan :
1.
Datanglah tepat pada waktunya agar tidak terlambat.
2.
Jika diberi sanksi hendaknya tidak menentang.