Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Tugas Makalah BAHASA INDONESIA PENGARUH BUDAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 1 LANDONO

Tugas : Makalah BAHASA INDONESIA 


PENGARUH BUDAYA TERHADAP 
KEDISIPLINAN SISWA SMA NEGERI 1 LANDONO 


Oleh : 

NAMA : Mail Costik 
KELAS : XI IA 3 


SMA NEGERI 1 LANDONO TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012


BAB  I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Sebagai siswa yang selalu beraktifitas dan berusaha memenuhi kebutuhan disekolah dituntut dengan berdisiplin dalam usahanya, sebab waktu akan terus bergulir dengan alurnya sendiri dan siswa siswi hanya bisa memperlambat, mempercepat atau menghentikannya oleh waktu. Kedisiplinan menjadi penting dan menjadi kunci keberhasilan.
Hal sekecil apapun jika dilakukan dengan kedisiplinan tinggi pasti akan mencapai hasil yang bagus dan maksimal serta sempurna.
Oleh sebab itu marilah kita tinggkatkan kedisiplinan kita khususnya dalam disiplin waktu.
  
B.   Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
-        Mengetahui ketidakmampuan dalam bertindak cepat dan bekerja dengan tepat waktu.
-        Mengetahui kurangnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Landono dalam disiplim waktu, dalam mengikuti aturan sekolah.

BAB  II
LANDASAN TEORI

Kedisiplinan
kedisiplinan adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa paksaan dari siapapun.



BAB III
PROSES PENELITIAN


Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi yang dilakukan dengan meneliti aktifitas keseharian remaja SMA Negeri 1 Landono yang berumur 16-18 tahun.
·         Lokasi Penelitian
Pengambilan lokasi responden dilakukan meliputi SMA Negeri 1 Landono.

·         Cara Pengambilan Data
Pengambilan data dilakukan melalui cara Observasi.

BAB  IV
HASIL PENELITIAN

A.   Hasil Observasi
Responden : siswa-siswi yang terlambat datang akan mendapat sanksi dari pihak yang berwajib untuk diberi pembelajaran.

Tujuan pengamatan adalah untuk :
1.   untuk menghitung persentase remaja yang sering melakukan pelanggaran.
2.   mengamati setiap remaja yang melakukan pelanggaran.

Adapun hasil Pengamatan tersebut adalah sebagai berikut :
No.
Jenis Perilaku Menyimpang
Tempat
Jumlah
Umur Remaja

1.
2.
.

Suka terlambat
Tidak berpakaian seragam


Lingkungan sekolah

Tidak menentu

15-18 Tahun
15-18 Tahun


B.   Hasil Angket
·         Angket I
Angket I adalah angket yang pertanyaannya bersifat umum dan terbuka, ditujukan untuk mengetahui secara umum gambaran tentang kedisiplinan.
·         Angket II
Angket II berisi pertanyaan-pertanyaan yang bersifat tertutup. Angket ditujukan untuk mengetahui secara detail minat responden terhadap kedisiplinan yang diteliti.

C.   Hasil Wawancara
Berdasarkan hasil wawancara 5 orang remaja SMA Negeri 1 Landono, diperoleh data sebagai berikut : (1) dari 560 sekian siswa SMA 1 Landono ada beberapa siswa yang bermasalah dalam disiplin.

D.   Analisis Data
Dalam Analisis ini ada sekelompok siswa yang bermasalah dan ada pula siswa yang tidak bermasalah.  


BAB  V
PEMABAHASAN

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa Siswa-siswi SMA N 1 Landono yang kurang kedisiplinannyadl mengikuti peraturan.
v  Hasil Observasi.
Persentase siswa yang bermasalah sebagai berikut :
-        Suka terlambat                                  = 50%
-        Tidak menggunakan pakaian seragam          = 25%

BAB  VI
KESIMPULAN DAN SARAN

A.   Kesimpulan 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut :
1.   Secara umum siswa SMA N 1 Landono kurang dalam berdisiplin.  
2.  Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa SMA N 1 Landono, mempunyai kebiasaan yang kurang baik dan harus diubah secara bertahap.

B.   Saran-saran  
Berdasarkan hasil penelitian diatas, peneliti menyarankan :
1.   Datanglah tepat pada waktunya agar tidak terlambat.
2.   Jika diberi sanksi hendaknya tidak menentang.