Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Tahukah Anda Tentang Kapal Induk USS George Washington


Menurut wikipedia versi Indonesia, kapal induk atau dalam bahasa Inggris disebut Carrier Vessel (CV) adalah kapal yang memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Berfungsi untuk memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi angkatan laut. Dalam banyak operasi militer, dari kapal induk inilah komando operasi dikendalikan.

Pada awal kesertaanya dalam dunia militer, kapal induk pertama kali dioperasikan oleh angkatan laut kerajaan Inggris. Negara yang selama beberapa abad menguasai hampir semua sisi samudera di dunia. Sesuai dengan semboyan mereka, Britain Rules The Wave, Inggris yang mengendalikan gelombang. Tapi pada awal sejarahnya hingga pada kancah perang dunia pertama, kapal induk belum digunakan secara optimal atau unggulan oleh banyak negara adikuasa pada masa itu, termasuk Inggris.


Kapal Induk - Bunyu OnlineAngkatan laut Jepang (Kaigun) adalah kekuatan militer yang berhasil pertama kali menggunakan kapal induk untuk mendukung sebuah serangan militer. Itu terjadi pada serangan Pearl Harbour yang terkenal itu. Sebuah moment yang telah jadi pemicu perang dunia kedua. Salah satu kapal induk Jepang yang terkenal pada waktu itu adalah Akagi. Kapal yang pertama kali aktif di jajaran angkatan laut Jepang pada tahun 1927 ini memiliki bobot hingga 30.000 ton. 

Kapal USS George Washington adalah kapal induk nuklir yang berada di bawah naungan Navy Amerika Serikat. Kapal ini diberi nama sesuai dengan presiden pertama Amerika Serikat, George Washington. Kapal ini telah menjelajahi samudera luas dalam berbagai misi di seluruh dunia sebagai bagian dari pembelaan dan pertahanan diri Amerika dalam perang melawan terorisme global. 


Kapal ini menampung 5.680 personil yang mengoperasikan berbagai sistem dan subsistem yang terdapat di dalamnya. Hal ini temasuk teknisi, pakar pesawat tempur, pakar helikopter dan pakar transportasi. berdasarkan jenisnya, kekuatan kapal ini berasal dari dua westinghouse brand A4W reaktor nuklir dengan kekuatan 4xsteam turbin sampai 4xshafts dengan produksi hingga 260.000 shaft tenaga kuda. Kecepatan tertingginya mencapai 30 knot.

Sistem pertahanan dan alat perang dari kapal ini mendapatkan pujian dari banyak kalangan. Didukung oleh berbagai macam senjata antara lain 2 x Sea Sparrow surface-to-air missile launchers, 2 x RIM-166 RAM (Rolling Airframe Missiles) launchers and 3 x 20mm Phalanx Close-In Weapon Systems (CIWS). Electronic warfare is handled by way of an SLQ-25A(V)4 Countermeasures system and torpedo countermeasures as needed. Radar juga termasuk bagian dari sistem seperti AN/SPS-48E 3-D air search, AN/SPQ-9B target acquisition and twin AN/SPN-46 air traffic control radars.

USS George Washington yang pertama kali dibuat pada tahun 1982 dan laid down pada tahun 1986. Kapal tersebut mulai diluncurkan pada tahun 1990 dan secara resmi pada tahun 1992. Menariknya pangkalannya terletak di Yokosuka Naval Base di Yokosuka, Jepang dan lebih dikenal dengan nama panggilan dari “GW”. Saat ini masih aktif di satuan Navy Amerika Serikat


Berikut ini adalah spesifikasi dari USS George Washington:

Dimensi:
Length: 1092ft (332.84m)
Beam: 252ft (76.81m)
Draught: 41ft (12.50m)

Struktur:
Complement: 5,680
Suface Displacement: 97,000tons


Kekuatan:
Engine(s): 2 x Westinghouse A4W nuclear reactors and 4 x steam turbines powering 4 x propeller shafts and generating 260,000shp.

Kemampuan:
Surface Speed: 30kts (35mph)
Range: Essentially Unlimited

Persenjataan:
2 x Sea Sparrow Mk 57 Mod 3 surface-to-air missile launchers
2 x RIM-166 RAM (Rolling Airframe Missile) launchers
3 x 20mm Phalanx CIWS

Pesawat yang ada:
Dapat menampung 90 pesawat berbagai jenis termasuk helikopter.

Dari Berbagai Sumber