Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Makalah Penyebab dan Pencegahan Virus HIV/Aids

Conrtoh Makalah  Penyebab dan Pencegahan Virus HIV/Aids
oleh 
SMA N 1
Kelas : X

Kata Pengantar


Assalamu Alaikum Wr, Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, atas rahmat dan bimbingan-Nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya dengan materi yang berjudul Penyebab dan Pencegahan Virus HIV/Aids.
Semoga dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat dan membantu teman-teman sekalian untuk menguasai ringkasan materi-materi  Penyebab dan Pencegahan Virus HIV/Aids.
Kritik dan saran dari teman-teman dan bapak/ibu guru sangat kami harapkan untuk memperbaiki dan menyempurnakannya.
Wassalmu Alaikum Wr, Wb.

Landono, 26 Nopember 2012 

Penyusun,


 
BAB I 
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 
HIV (Human Immunodefisi Ensly) virus merupakan sejenis virus yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquiren Immunodifusy Sydrom) penyakit ini menyerang pada sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga tubuh tidak mempunyai kekebalan tubuh terhadap infeksi berbagai penyakit. 
Penyakit HIV dapat menyerang siapa saja ketika ia terkontak langsung dengan penderita. Seseorang dapat terkontak melalui cairan tubuh yang sudah terinfeksi oleh virus HIV/AIDS. Penyakit HIV/AIDS bisa berujung pada kematian jika sistem kekebalan tubuh telah melemah berbagai virus dan penyakit pun akan menyerang tubuh.  
Saat ini virus HIV/AIDS saat ini telah menyebar dimana-mana termasuk negara kita, bahkan masyarakat Indonesia sudah banyak yang terkena penyakit ini. 

B. Rumusan Masalah.
  1. Faktor-faktor penyebab HIV
  2. Pemecahan masalah tentang penyakit HIV
  3. Tindakan 

 
BAB II 
PEMBAHASAN

1. Jelaskan Kejadian-kejadian apa saja yang menyebabkan suatu kelompok atau seseorang terkena atau terserang virus AIDS setelah ditemukan. Sebutkan atau jelaskan faktor-faktor penyebabnya. Cari pemecahan masalah agar virus AIDS tidak menyebar lebih luas lagi. 
      Jawab :
  • Kejadian-kejadian dan faktor-faktor penyebab HIV/AIDS .
    • Melalui jarum suntik =) jarum suntik yang digunakan penderita HIV/AIDS . jika digunakan oleh orang yang belum terjangkit HIV/AIDS maka orang tersebut akan terjangkit atau tertular. 
    • Melalui keringat =) misalnya pemain bola yang terkena HIV/AIDS bertukar pakaian dengan seseorang yang tidak terkena, dimana pada baju tersebut sudah terkena keringat sipenderita maka melalui keringat tersebut seseorang akan tertular AIDS.
    • Kontiminasi antara ibu dan anaknya =) seorang anak akan tertular HIV/AIDS jika mengonsumsi air asi dari seorang ibu yang menderita HIV/AIDS. 
    • Melalui hubungan seks dengan penderita atau berganti-ganti pasangan =) melalui hubungan intim seseorang dapat tertular melalui cairan vagina,air mani. 
    • Melalui darah =) jika ada seseorang penderita HIV/AIDS terluka lalu kita terkena darah si penderita maka kita akan tertular HIV/AIDS. 
  • Agar virus HIV/AIDS tidak menyebar luas lagi maka kita harus melakukan tindakan-tindakan sbb ;
    • setiap alat yang digunakan yang beresiko membawa HIV/AIDS harus disterilkan terlebih dahulu dengan menggunakan lisol, detol, atau alkohol. 
    • Mengubah hidup kita dengan lebih sehat dan aman. 
    • Memeriksa darah seseorang sebelum melakukan tranfusi darah. 
    • Tidak berhubungan seks dengan orang terinfeksi virus HIV dan berganti-ganti pasangan. 
    • Tidak menggunakan bahan-bahan bekas penderita HIV/AIDS 
    • Tidak bergaul dengan penderita terlalu dekat. 
 
2. Coba diskusikan apa tindakan anda apabila menemukan dilingkungan tempat tinggal, keluarga, atau saudara anda terkena virus HIV/AIDS. 
Jawab : 
Tindakan yang akan kami lakukan yaitu kita memeriksakan penderita kepada dokter dan jika positif HIV/AIDS. Kita harus berhati-hati dengan tidak memakai/meminjam barang-barang si penderita dan memberikan barang-barangnya khusus misalnya untuk makan dan minum dan mengusulkan agar penderita untuk dibawah ketempat rehabilitas agar penyakitnya tidak menyebar.  


 
BAB III 
PENUTUP

A. Kesimpulan 
HIV/AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Yang dapat menyebabkan kematian dan dapat menular melalui keringat atau barang-barang milik penderita . di Indonesia penyakit HIV/AIDS sudah mulai tersebar obatnya tetapi sampai saat ini belum juga ditemukan. HIV/AIDS disebabkan karena sering melakukan seks bebas yang banyak terjadi dikalangan remaja saat ini karena terlalu banyak melihat atau menonton film-film pornografi dan pergaulan bebas. Yang disebabkan sangat berkurangnya keimanan anak-anak remaja saat ini.  

B. Saran 
Sebaiknya kita menjaga kebersihan tubuh kita dan hidup secara sehat. Memperkuat keamanan diri kita, agar kita tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang berbahaya yang dapat merugikan diri kita sendiri. 


Tag Search :