Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Makalah Penebangan Hutan Secara Liar

Contoh Pembuatan Tugas Makalah :

PENEBANGAN HUTAN


Disusun Oleh :
 ..................................................................


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat tuhan yang Maha Esa. Karena berkat rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul “PENEBANGAN HUTAN “ ini dengan baik. Tak lupa juga kami mengucapkan banyak terima kasih kepada orang-orang yang sudah ikut membantu dalam pembuatan makalah ini.
Makalah ini dibuat dengan tujuan agar semua orang yang membaca makalahini dapat memahami tentang penebangan hutan yang paling penting ialah bagaimana cara melestarikan hutan tersebut.
Kami berharap anda dapat memberikan saran dan masukan karena makalah ini belum sempurna. Agar nantinya makalah ini dapat bermanfaat bagi semua para pembaca makalah ini.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Adapun latar belakang penulis mengangkat masalah dari tema lingkungan hidup yang berjudul “Penebangan Hutan Secara Liar”, hutan dianggap sebagai persekutuan antara tumbuhan dan binatang dalam satu asosiasi biotis, penebangan hutan secara liar kini kian marak dan dapat merusak hutan tanpa memperhatikan dampak negative yang ditimbulkan.

1.2 Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu :
Memenuhi tugas kelompok pendidikan kewarganegaraan. Karena masalah penebangan hutan ini menjadi prioritas utama dalam kehidupan masyarakat.

1.3 Pendekatan
Adapun pendekatan yang dilakukan dalam memenuhi tugas kelompok ini melalui pendekatan kuantitatif yakni dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dan studi pustaka.

1.4 Rumusan Masalah
1.      Pengertian dari penebangan hutan
2.      Apa akibat dari penebangan hutan
3.      Apa upaya melestarikan hutan


BAB II
PEMBAHASAN

A.   PENEBANGAN HUTAN
Penebangan hutan merupakan usaha menebang atau memotong kayu yang ada dalam kawasan hutan, baik yang dilakukan oleh orang perorangan maupun oleh badan usaha. Penebangan hutan ini dapat dibenarkan apabila pelaku penebangan hutan mempunyai izin menebang pohon dihutan. Hutan merupakan kumpulan pohon-pohon dan hewan yang berada dalam suatu kawasan yang saling berinteraksi mereka hidup diatas tanah yang hidup dalam keseimbangan. Hutan ini akan tetap lestari apabila kita mau melestarikannya, namun apabila tidak dilestarikan maka akan timbul kepunahan terhadap ekosistem hutan tersebut. Kepunahan dan kerusakan hutan ini salah satunya bisa disebabkan oleh penebangan hutan secara liar dan oleh sebab itu fungsi hutan sebagai penyimpanan air tanah juga akan terganggu akibat terjadinya pengerusakan hutan yang terus menerus. Hal ini akan dampak pada semakin seringnya terjadinya kekeringan dimusim kemarau dan banjir serta tanah longsor dimusim penghujan.

B.   AKIBAT PENEBANGAN HUTAN
Penebangan hutan secara liar akan dapat berdampak pada bencana kekeringan pepohonan biasanya mempunyai fungsi menahan air itu tidak ada lagi akibat kekeringan. Air hujan akan langsung mengalir kelaut dan cadangan air tanah menjadi tidak ada.
Salah satu akibat dari penebangan hutan secara liar adalah banjir dan untuk mencegah banjir, penebangan hutan secara liar harus dihentikan, jika penebangan hutan terus dibiarkan tidak mungkin banjir akan terus terjadi dan akan membawa korban lebih banyak lagi.



C.   UPAYA MELESTARIKAN HUTAN
Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan hutan :
1.      Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul
2.      Melarang pembabatan hutan
3.      Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon
4.      Menerapkan sistem tebang-tanam dalam kegiatan penebangan hutan
5.      Menerapkan sangsi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelolaan hutan


BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan diatas tidaklah heran negara kita dapat terlepas dari bencana banjir diberbagai wilayah Indonesia. Semakin banyaknya penebangan hutan liar, maka akar-akar pepohonan yang memiliki fungsi utama untuk menahan air-air hujan yang deras tentu saja akan terhambat dan akan tentu saja sangat berpotensi menimbulkan banjir diwilayah-wilayah yang lebih mementingkan perumahan industri dari pepohonan alam.

B.   SARAN
Hutan yang kita miliki harus dilestarikan sehingga anak cucu kita bisa menikmati hutan yang kita miliki. Kita tidak boleh memanfaatkan hutan secara sembarangan, kalau hutan yang kita miliki habis maka akan terancam bencana, agar hutan kita tetap lestari maka kita harus melestarikannya.


Daftar Pustaka

Hoed, Benny, et AL. Jakarta Recovery, blue print pembangunan Ibukota, sumbangsih kampus untuk Jakarta.