Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Makalah MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG USAHA DAN PERKANTORAN

Makalah :
MANFAAT KOMPUTER
DALAM BIDANG USAHA DAN PERKANTORAN

D

I

S

U

S

U

N



OLEH :

Kelompok :
Nama Sekolah : SMA N 1 LANDONO
Tahun : 2012


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini. Dengan pembahasannya yaitu Manfaat Komputer dalam Dunia Usaha dan Perkatoran.
Dalam penyusunan tugas makalah ini banyak hambatan yang kami hadapi, namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan makalah ini tidak terlepas dari partisipasi, bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga segala kendala yang kami hadapi dapat terselesaikan dengan baik.
Oleh karena itu kami mengucapkan terimakasih kepada Ibu guru yang telah memberikan petunjuk kepada kami.
Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi kami sehingga terjadi yang diharapkan dapat tercapai.


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Era globalisasi saat ini merupakan salah satu dampak perkembangan dalam bidang teknologi informasi. Perkembangan TI tidak terlepas dari teknologi Komputer. Hal ini dapat ditunjukkan dengan pesatnya perkembangan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Serta aplikasi dalam berbagai bidang seperti pendidikan, dunia usaha dan perkantoran.
Salah satu perkembangan teknologi Komputer adalah teknologi jaringan Komputer dan internet. Teknologi ini banyak menyambungkan hampir semua Komputer yang ada di dunia sehingga dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Bentuk informasi yang dapat ditukar dapat berupa data teks, gambar, gambar dan suara.
Manfaat internet bukan hanya dirasakan oleh para pelajar, tetapi juga para pebisnis dan orang yang bekerja di perkantoran. Dalam bidang usaha dan perkantoran  manfaat Komputer sangat luas, karena dengan adanya teknologi suatu perusahaan atau pebisnis mendapatkan keuntungan yang banyak.

B.   Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang ada dalam makalah ini adalah :
Þ     Bagaimana manfaat Komputer dalam bidang usaha ?
Þ     Bagaimana manfaat Komputer dalam bidang perkantoran  ?
Þ     Bagaimana hubungan Komputer dan internet dalam bidang usaha dan perkantoran  ?
Þ     Apa sajakah manfaat Komputer dalam bidang usaha dan perkantoran  ?

C.   Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka Tujuan dari makalah ini adalah :
Þ     Mendeskripsikan manfaat Komputer dalam bidang usaha
Þ     Mendeskripsikan manfaat Komputer dalam bidang perkantoran 
Þ     Mendeskripsikan hubungan Komputer dan internet dalam bidang usaha dan perkantoran
Þ     Mendeskripsikan secara jelas manfaat Komputer dalam bidang usaha dan perkantoran 


BAB II
PEMBAHASAN
MANFAAT KOMPUTER DALAM BIDANG
USAHA DAN PERKANTORAN 

A.   Manfaat Komputer dalam bidang Usaha Kecil
Seperti yang telah kita ketahui manfaat Komputer sangat banyak, beberapa contoh adalah bermain game, mendengarkan musik, mengerjakan tugas kuliah, dan lain-lain. Apalagi Komputer tersebut dilengkapi dengan internet  akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satu untuk usaha, melalui internet kita dapat mempromosikan produk atau jasa yang ingin kita jual. Selain mempromosikan barang atau jasa di internet, Komputer juga sangat berpengaruh dalam usaha di dunia nyata. Karena sekarang ini Komputer sudah menjadi kebutuhan untuk menunjang kelancaran dalam menjalankan suatu usaha, waupun itu hanya usaha kecil.
Komputer dan internet merupakan dua hal yang tidak dipisahkan dalam menjalankan usaha, karena dengan menggunakan Komputer semua kegiatan operasional dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan akurat. Komputer dan internet ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh sebuah usaha, keduanya tersebut terhenti atau terhambat, maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh.

B.   Manfaat Komputer pada Perkantoran
Informasi dalam berbagai hal menjadi sangat penting bagi semua bentuk perusahaan atau perkantoran. Kegagalan sebuah perusahaan untuk mencerna informasi akan berakibat kepada lemahnya daya saing perusahaan tersebut terhadap perusahaan lain yang sejenis. Kecepatan dunia usaha beradaptasi dengan teknologi Komputer, khususnya di Amerika berjalan sesuai dengan perkembangan Komputer itu sendiri. Karena bagi perusahaan pengaruh Komputer disuatu perkantoran diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan efisiensi kerja mereka.
Dasar pemikiran timbulnya gagasan otomatis perkantoran  karena sebagian dari waktu kerja pegawai habis untuk melakukan hal-hal yang tidak produktif. Mengenai hal-hal tersebut ternyata dari sudut efisiensi kerja sangat merugikan. Tanggapan mengenai masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan Komputer untuk melakukan beberapa pekerjaan kantor. Diantaranya adanya masalah pengaturan arsip yang disimpan secara elektronis. Manfaat Komputer juga bisa untuk mengingatkan para pengelola tentang jadwal-jadwal penugasan dan dapat juga digunakan untuk menyimpan informasi/data di dalam Komputer.

BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Kesimpulan dari materi ini adalah :
1.   Manfaat Komputer  dalam dunia Usaha
-        Untuk mempromosikan suatu usaha
-        Sebagai sumber informasi bisnis
-        Sebagai sarana operasional

2.   Manfaat Komputer dalam dunia perkantoran 
-        Digunakan untuk pengaturan arsip secara elektronis
-        Mengingatkan pengelola tentang jadwal-jadwal penting
-        Menyimpan data