Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Contoh Tugas Makalah Bahaya HIV/AIDS

KATA PENGANTAR


Assalamu Alaikum Wr, Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Bimbingan-Nya. Kami dapat menyusun makalah ini pada tepat waktu dengan materi yang berjudul ” Bahaya HIV/AIDS”
Semoga dengan adanya makalah ini dapat bermanfaat dan membantu teman-teman semua menguasai ringkasan materi-materi “Bahaya HIV/AIDS”.
Kritik dan saran dari teman-teman dan Bapak/Ibu guru sangat kami harapkan untuk memperbaiki dan menyempurnakan makalah kami.
Walaikum Salam Wr, Wb.

                                   
                                                                                    Landono, 26 November 2012


                                                                                                      Penulis,



BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang
HIV (Human immunodefisiensly Virus) merupakan sejenis virus yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquiren Immunodifisiensly syndiom) penyakit ini menyerang sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga tubuh tidak mempunyai kekebalan tubuh terhadap infeksi berbagai penyakit.
Penyakit Hiv dapat menyerang siapa saja ketika ia terkontak langsung dengan penderita. Seseorang dapat terkontak langsung melalui cairan tubuh yang sudah terinfeksi oleh virus HIV/AIDS. Penyakit HIV/AIDS bisa berujung pada kematian jika sistem kekebalan tubuh melemah, berbagai virus dan penyakit pun akan menyerang tubuh.
Saat ini virus HIV/AIDS telah menyebar dimana-mana termasuk Negara kita yaitu Indonesia sudah banyak terkena penyakit ini. Penyakit HIV/AIDS sangat berbahaya, penyakit ini juga dapat disebabkan adanya pengguna jarum suntik yang bergantian, hubungan seks, serta dapat terkontaminasi ibu dan bayi.

B.   Rumusan Masalah
1.      Bahaya HIV/AIDS.

BAB II
PEMBAHASAN


Penyakit HIV dapat ditularkan melalui darah yang terinfeksi air mani atau cairan vagina yang memasuki tubuh. Seseorang tidak dapat terinfeksi melalui kontak biasa seperti memeluk, mencium, menari atau berjabat tangan dengan seseorang yang menderita HIV/AIDS. HIV/AIDS tidak dapat ditularkan melalui air, udara atau melalui gigitan serangga.

Secara umum penyakit HIV/AIDS ditularkan melalui :
a.      Selama seks, anda dapat menjadi terinfeksi jika anda melakukan hubungan seks vaginal, atau yang tidak terlindungi seperti darah, air mani, atau cairan vagina yang memasuki tubuh anda dan dapat menginfeksi anda virus ini dapat memasuki mulut, atau cairan mata, luka kecil yang kadang-kadang berkembang didubur atau vagina selama aktivitas sekssual.
b.      Transfusi darah :
Dalam beberapa kasus, virus dapat ditularkan melalui tranfusi darah dimana darah yang sudah terinfeksi masuk kedalam tubuh dan dapat ditularkan.
c.      berbagai jarum
virus HIV dapat ditularkan melalui jarum suntik yang digunakan secara bergantian yang sudah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi HIV. Berbagai kepemilikan obat intrauena.
d.      Dari ibu ke anak
Ibu yang terinfeksi dapat menginfeksi bayi selama kehamilan dan persalinan atau melalui penyusuan (pemberian ASI) tetapi jika perempuan menerima pengobatan untuk infeksi virus HIV selama kehamilan resiko bayi mereka secara signifikan berkurang.

Dengan terjadinya proses diatas sehingga Virus HIV dapat tertular pada seseorang. HIV menghancurkan sel CD4 yaitu jenis tertentu dalam sel darah putih yang memainkan peran besar dalam membantu tubuh melawan penyakit. Ketika kekebalan tubuh melemah sel CD4 akan di nonaktifkan. Infeksi HIV akhirnya jika dibiarkan berkembang didalam tubuh selama bertahun-tahun berkembang menjadi AIDS.

BAB III
PENUTUP


A.   Kesimpulan
HIV/AIDS merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian dan dapat menular melalui keringat atau barang-barang milik penderita. Di Indonesia penyakit HIV/AIDS sudah mulai tersebar obatnya tetapi sampai saat ini belum juga ditemukan obatnya. HIV/AIDS disebabkan karena sering melakukan seks bebas yang banyak terjadi dikalangan remaja saat ini karena terlalu banyak melihat atau menonton film-film pornografi dan pergaulan bebas. Yang disebabkan sangat berkurangnya keimanan anak-anak remaja saat ini.

B.   Saran
Sebaiknya kita menjaga kebersihan tubuh kita dan hidup secara sehat. Memperkuat keimanan diri kita, agar kita tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang berbahaya yang dapat merugikan diri kita sendiri.