Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Contoh Makalah RADANG TELINGA PADA ANAK

RADANG TELINGA PADA ANAK
MAKALAH
Disusun guna memenuhi syarat lulus mata kuliah bahasa Indonesia
P201301164


KELAS M3
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MANDALA
WALUYA KENDARI
KENDARI 
JANUARI 2014



KATA PENGANTAR

Aalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

                Puji syukur kehadirat allah SWT yang sudah memberi taufik,hidayahnya serta inayahnya sehingga kita semua bias beraktivitas sebagaimana seperti biasanya termasuk dengan penulis.Sehingga penulis bias menyelesaikan tugas pembuatan makalah bahasa indonesia dengan judul “RADANG TELINGA PADA ANAK
                Makalah ini di susun supaya para pembaca bisa menambah wawasan serta memperluas ilmu pengetahuan yang ada,yang kami sajikan di dalam sebuah susunan makalah.Penulis juga banyak terimah kasih kepada Bapak Dosen yang sudah membing penulis sehingga bisa membuat makalah yang baik dan benar yang sesuai dengan ketentuan.
               Semoga makalh ini bisa bermanfaat untuk para pembaca,dan tidak lupa penulis mohon maaf atas kekurangan di sana sini dari makalah yang penulis buat.



ABSTRAK
       Pengobatan :
Anak  yang mengalami radang telinga sebaiknya langsung di bawa ke dokter,untuk mengetahui sampai sejauh mana peradangan terjadi.tetapi pengobatan yang sering  di lakukan ialah memberikan obat-obat antibiotic.Pada waktu pemeriksaan,dokter mengambil sebagaian dari cairan yang terkena bakteriologis.Dengan pemeriksaan jenis ini bakteri dapat di ketahui dengan jelas,sehingga mudah untuk mengobatinya.Jika ternyata setelah di berikan pengobatan yang benar,infeksi masih terus berlangsung,biasanya dokter akan menyarankan pergi ke dokter spesialis THT untuk bekonsultasi lebih lanjut.

Pencegahan:
Sebagai tindakan pencegahan agar anak anda tidak terkena radang telinga,berikut ini beberapa tip yang perlu ditindaklanjuti:
  1. Segera berobat jika anak anda mengalami batuk dan pilek yang tak kunjung sembuh,atau  batuk dan pilek dengan rasa tak enak di telinga.
  2. Minumlah obat dari dokter sampai habis jika anak anda mengalami batuk pilek.
  3. Laranglah anak untuk mengorek telinga,apalagi dengan benda tajam.
  4. Hindari bepergian ke pegunungan atau naik pesawat terbang selama batuk dan pilek.                                      
         Kata kunci :pencegahan,pengobatan.





BAB I 
PENDAHULUAN
1. Latar  belakang 
Sebagai indra pendengar, telinga adalah salah satu indra yang mempunyai peranan penting dalam tubuh. Indra ini terdiri dari tiga bagian. Yaitu bagian luar yang terletak di sisi kepala, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Telinga luar berupa kulit seperti kulit kita dalam areanya meliputi dari liang telinga sampai gendang telinga. Area telinga meliputi gendang telinga sampai hampir masuk kerumah siput. Sedangkan telinga bagian dalam meliputi rumah siput sampai bagian dalam. Lubang pada telinga ditumbuhi  bulu-bulu halus yang berfungsi mencegah masuknya benda-benda asing. Tetapi sering kita jumpai anak kecil mengalami peradangan pada telinga,yang biasa terjadi pada tekinga bagian tengah. Mengapa hal ini sering terjadi?

Umumnya anak yang menderita radang telinga cenderung untuk mengalami radang pada seluruh alat pernafasan bagian atas yaitu hidung dan tenggorokan. Selaput lendir yang terdapat pada hidung dan tenggorokan.

Salah satu penyebab mengapa anak kecil mudah terkena radang telinga  ialah karena hidung anak umur satu tahun ukurannya lebih kecil dan tidak mengembang. Selain itu tuba eustachius saluaran yang langsung menghubungkan telinga dan tenggorokan pada anak kecil pendek jaraknya dan letaknya pun mendatar. Kelemahan anotomis inilah yang membuat sulitnya pengeluaran cairan dan menyebabkan anak mudah terkena infeksi. Bila nak kecil terkena radan pada tenggorokan, maka radan ini dengan cepat akan menjalar ketelinga tengah melalui tuba eustscchius 


Telinga adalah organ yang kompleks. Telinga terdiri dari tiga wilayah utama. Pertama, telinga luar untuk melindungi gendang telinga dari kerusakan langsung. Telinga tengah adalah rongga berisi udara yang menghubungkan ke bagian belakang hidung melalui tabung Eustachio, yang akan terbuka bila Anda menelan atau menguap. Yang terakhir 
adalah tulang kecil yang mengirimkan getaran dari gendang telinga ke telinga bagian dalam atau koklea.

Kesehatan telinga penting untuk kita jaga. Selain membebaskan kita dari rasa sakit dan infeksi, juga menyelamatkan pendengaran dari kerusakan.

Sayang, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara merawat telinga dengan baik. Sebagai contoh, berharap memiliki telinga yang bersih, seseorang dengan frekuensi sering menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. Padahal, terlalu sering membersihkan telinga dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan telinga hingga permanen.

Dilanisir dari laman Daily Mail, Sabtu, 25 Juni 2011, berikut ini beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan telinga yang sehat.

1. Telinga bagian luar dirancang sebagai tempat yang mudah untuk dibersihkan. Cotton bud yang biasa Anda gunakan bukan berfungsi membersihkan, melainkan malah mendorong kotoran telinga semakin dalam. Cara yang paling baik adalah dengan menggunakan air dan sabun. Sebab, telinga dengan sendirinya akan mendorong kotoran keluar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk melunakkan kotoran telinga.

2. Jangan khawatir dengan perubahan warna kotoran telinga Anda. Tekstur dan warna dapat berbeda pada setiap orang. Bisa lembut atau keras, bisa berwarna oranye atau kecokelatan. Namun, jika sudah berwarna hijau dan kental, tandanya telinga Anda mengalami infeksi. Dan itu harus segera diobati.

3. Jangan pernah menggaruk telinga ketika terasa gatal. Rasa gatal bisa diakibatkan oleh eksim atau psoriasis. Segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

4. Tiap jenis infeksi pada telinga membutuhkan penanganan dari dokter ahli. Ada 2 jenis infeksi, yakni pada telinga luar dan telinga tengah. Untuk bagian luar umumnya terjadi karena terkena air kotor. Telinga menjadi sakit, bengkak, atau bahkan bernanah. Biasanya, diobati dengan tetesan antibiotik. Sementara itu, untuk bagian tengah, terkadang bisa berdampak buruk pada gendang telinga. Gendang telinga bisa pecah. Biasanya, penderita diberi resep tablet antibiotik selain menggunakan resep obat tetes.

5. Rasa nyeri yang muncul bukan semata-mata karena telinga Anda bermasalah, tetapi bisa karena Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Tapi, saat Anda merasa nyeri di telinga, ada baiknya Anda konsultasikan pada dokter.

6. Pendengaran Anda bisa berkurang karena faktor usia. Namun, jika usia bukan penyebabnya, segera konsultasikan kepada dokter. Pendengaran berkurang secara mendadak bisa karena kerusakan sel-sel rambut.

7. Mendengarkan musik dengan keras dan dalam waktu yang lama dapat merusak sel-sel rambut. Akibatnya, pendengaran Anda pun lama-kelamaan berkurang.

8. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan pendengaran Anda berkurang. Pertama, tamparan di telinga yang menyebabkan gendang telinga berlubang. Biasanya, membran akan sembuh dengan sendirinya dalam 6 minggu. Tapi, telinga harus tetap kering agar infeksi tidak semakin parah. Selain itu,  dipukul di bagian telinga saat sedang berenang juga berakibat pada berkurangnya pendengaran. Sebab, air dipaksa masuk ke dalam telinga. Trauma dan patah tulang tengkorak sering kali merusak telinga bagian dalam. Akibatnya, dapat mengurangi pendengaran seseorang.

9. Saat melakukan perjalanan dengan pesawat pun telinga terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda bisa menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.[muslimdaily.net/temp]

Pendapat Para Ahli
Menurut para ahli Medis, lubang telinga anak itu ditumbuhi bunga Dandelion yang sudah berukura 2cm. mereka melakukan tindakan  operasi untuk membuangnya dari telinga ranran. Dokter mengatakan bunga dandelion telah tunbuh ddi telinga ranran dan hampir menutup saluran telinganya secara total.

2. Rumusan Masalah

1. Bagaimana Patofisiologi radang telinga pada anak.
2. Bagaimana tehnik Preventif radang telinga pada anak.


3.   Ruang lingkup Masalah

1. Bagaimana Etiologi radang telinga pada anak.
3. Bagaimana gejalah radang telinga pada anak.
4. Bagaimna resiko radang telinga pada anak.
5. Bagaiman tehnik kuratif radang telinga pada anak.
6. Bagaimana tehnik preventif radang telinga anak secara medis dan non medis



4.   Tujuan Penulisan 

1. Tujuan umum

a) Menjelaskan Patofisologis radang telinga pada anak.
b) Menjelaskan tehnik Preventif pada anak-anak.

2. Tujuan khusus

a) Menjelaskan Etiologi radang telinga pada anak. 
b) Menjelaskan sejarah radang telinga pada anak.
c) Menjelaskan resiko radang telinga pada anak.
d) Menjelaskan tehnik kuartif radang telinga pada anak
e) Menjelaskan tehnik preventive radang telinga pada anak. Secara medis dan non medis



BAB II
PEMBAHASAN


1.   Patofisiologi Radang Telinga Pada Anak

(a).  Definisi Radang Telinga
Telinga menurut kamus besar bahasa Indonesia yaitu organ pendengaran. Dalam istilah, Telinga adalah alat indra yang memiliki fungsi untuk mendengar suara yang ada di sekitar kita sehingga kita dapat mengetahui mengindentivikasi aapa yang terjadi di sekitar kita tanpa harus melihatnya dendan mata kepala kita sendiri, 
Bagian-bagian telinga
Telinga tersusun dari 3 daun telinga yaitu telinga luar, telinga tengah, telinga dalam.
a. Telinga Luar
Teliga luar terdiri dari daun telinga, saluran luar, dan membrane timpani (gendang telinga)
b.    Telinga Tengah
bagian ini meupakan rongga yang berisi udara untuk menjaga tekanan udara agar tetap seimbang
c.   Telinga Dalam
Bagian ini merupakan susunan yang rumit, terdiri dari labirin tulang labirin membran.

(b).  Radang Telinga Pada Anak
a. telinga terasa sakit kalau anak sudah bisa bicara, pasti dia akan mengeluhkan hal ini.
b. Kesulitan tidur.
c. Demam
d. Kesulitan mendengar
e. Nafsu makan akan turun
f. Ada cairan yang keluar dari telinga

Untuk menghindari terjadi infeksi telinga
a. Jangan member minum, baik botol maupun, dengan posisi tidur mendatar tanpa bantal penyangga.
b. Batasi pengguna Dot.






BAB III
PENUTUP


KESIMPULAN :
 sebagai indra pendengar,telinga adalah salah satu indra yang mempunyai peranan penting dalam tubuh.indra ini terdiri dari tiga bagian,yaitu bagian luar terletak di sisi kepala,telinga bagian tengah,dan telinga bagian dalam.


SARAN :
Segera berobat jika Anak mengalami batuk dan pilek yang tak kunjung sembuh,atau batuk dan pilek dengan rasa tak enak di telinga dan minumlah obat dari dokter sampai habis,



Daftar pustaka.
Badriyah,Fase dan Diati,Putri Bning.2004.Be Smart,Girl.Jakarta:GIP
Bobak dkk.2000.Perawatan Maternitas. Bandung:yayasan IAPKP
Brizendine,Louann.2010.Male Brain.Jakarta: Ufuk Press