Hot's
Loading...

Cara menggunakan Fungsi Rumus IF pada Microsoft Excel 2007 2010

Fungsi IF pada Microsoft Excel dapat digunakan sebagai formula logika untuk menghitung atau menentukan nilai sebuah pernyataan dimana fungsi IF akan memberikan nilai tertentu jika logika benar atau salah. Kali ini kita coba secara sederhana bagaimana sebuah rumus fungsi IF digunakan.

Contoh pertama:

"Seseorang dinyatakan LULUS jika nilai ujian lebih besar atau sama dengan 60" Maka rumus menggunakan fungsi if dalam Excel pada sel C7 yang terdapat pada data diatas adalah sebagai berikut: =IF (B7>=60;"Lulus";"Gagal")

Contoh kedua:
Pertanyaannya: "Seseorang dinyatakan GAGAL jika nilai ujian kurang dari 60", maka rumus pada sel C7 adalah: =IF (B7<60;”Gagal”;”Lulus”)

Contoh ketiga:
Pertanyaan sama pada contoh pertama tetapi pada sel E3 diisi dengan kata “Lulus” tanpa kutip, dan pada sel E4 diisi dengan kata “Gagal”. Maka rumus pada sel C7 adalah =IF(B7>=60;E$4;E$5)

Contoh keempat:
Pertanyaan sama pada contoh pertama tetapi pada sel E3 diisi dengan kata “Lulus” dan pada sel E4 diisi dengan kata “Gagal”. Tetapi pada rumus pada sel C7 adalah =IF (B7>=60;Lulus Gagal).Kata Lulus dan Gagal tanpa kutip tidak sama dengan pada rumus pada contoh pertama yang menggunakan kutip.
Ingat perhatikan penulisan tanda koma dan tanda petik. Salah dalm penempatan membuat rumus tidak berjalan
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment