Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Tips Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis

Tips agar baterai Android tidak cepat habis - Perkembangan perangkat Android dalam 2 tahun ini begitu drastis, ini di tandai dengan munculnya perangkat perangkat, baik Handphone maupun Tablet sudah menggunakan OS Android.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan dari perangkat android ini mudahnya mengunduh aplikasi aplikasi yang mendukung kinerja dari perangkat Android tersebut. Apalagi aplikasi aplikasi tersebut banyak yang ditawarkan secara gratis.

Nah seiring dengan banyaknya aplikasi aplikasi yang bisa digunakan dan diinstal pada perangkat Android tersebut, maka akan membuat pemakaian baterai pada perangkat Android akan cepat habis. Bagaimana sih agar baterai android tidak boros?

Agar baterai android awet maka, berikut beberapa tips agar baterai Android tidak cepat habis , yaitu :

1. Pengaturan Brightness/Contrast.
Memang salah satu kelemahan layar pada handphone sekarang ini yaitu, bila di luar dari ruangan, ataupun langsung kena cahaya maka tulisan tulisan di layar susah untuk dibaca. Oleh sebab itu kita mengatur Brightness dengan intensitas yang tinggi, padahal hal ini menyebabkan konsumsi daya baterai yang tinggi.



Maka dari itu pemakaian warna warna sederhana pada launcher sangat menghemat baterai tersebut.

2. Matikan animasi maupun widget yang tidak perlu.
Nah, tips ini lumayan ampuh juga agar baterai android hemat atau tidak boros. Banyak sekali aplikasi yang ditawarkan pada Google Play yang secara langsung memakan konsumsi dari baterai, namun pada kenyataannya aplikasi tersebut kurang bermanfaat, seperti Live Wallpaper, widget dengan ikon animatif ataupun penanda waktu.
Contoh lain, pengaktifan Wi-Fi, Bluetooth, kadang fasilitas ini jarang sekali di gunakan, apalagi saat berada di lokasi yang tidak memiliki Wi-Fi. Pemakaian GPS, yah kalau memang kegiatan kita mendukung hal ini, mungkin baik, namun bila tidak tentu lebih baik fasilitas ini di matikan saja.



Untuk mematikan aplikasi aplikasi yang tak bermanfaat tersebut, bisa anda gunakan Task Manager.





3. Mode 2G

Lokasi yang kita tempati kadang ada juga yang rendah sinyalnya, maka akan lebih baik jika menggunakan mode ini.

4. Mematikan Sinkronikasi.
Saat perangkat Android digunakan pertama kali, maka meminta ijin untuk mensinkronisasikan dengan layanan Google yang terkait dengan akun Gmail. Hal ini tentu menguras pemakaian baterai. Anda bisa mematikan layanan ini dengan cara masuk ke menu Settings > Accounts & Sync > lalu Uncheck Back Ground Data.

5. Charging Baterai.
Lho kok ini yah? melakukan pengecasan perangkat Android akan lebih baik apabila baterai sudah dalam keadaan lemah dan cabut baterai apabila sudah penuh. Cara ini tentu sangat bermanfaat agar baterai perangkat Android tersebut bisa bertahan lama.

Tips Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis, terakhir ini sangat bermanfaat

menggunakan aplikasi Android penghemat baterai . Aplikasi ini banyak di tawarkan di Google Play (Android market), seperti :

a. Power Control Widgets (https://play.google.com/store/search?q=Power+Control+Widgets&c=apps)
b. JuiceDefender (https://play.google.com/store/search?q=JuiceDefender&c=apps)
c. Easy Battery Saver (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.easy.battery.saver)
d. Battery Doctor (https://play.google.com/store/search?q=Battery+Doctor&c=apps)

Mudah mudahan Tips Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis ini bisa membantu anda, terima kasih.