Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Pengertian Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) atau zat asam arang

Karbon Dioksida (Rumus CO2) Atau Zat Asam Arang Adalah Salah Satu Sumber Polusi Yang Banyak Dihasilkan Dari Pembakaran Bahan Bakar Kendaraan Atau Asap Pabrik. Jumlah Karbon Dioksida Terus Meningkat Diseluruh Dunia Seiring Dengan Bertambahnya Populasi dan Kebutuhan Manusia Akan Produk Serta Kendaraan Yang Justru Dominan Menambah Massa Karbon ke Udara.

Tahukah Sahabat Bahwasanya Pohon-Pohon Dan Hutan yang Ada Di Seluruh Dunia Hanya Bisa Menyerap Karbon Yang Ada Hanya 40 % nya Saja.

Hal Ini Dikemukakan Oleh Dr Simon Lewis, Ahli Ekologi Dari Universitas Leeds Inggris Yang Mengatakan Setiap Tahunnya Ada 38 Miliar Ton Karbon Dioksida (CO2) Yang Dihasilkan Manusia. Sebanyak 28 Miliar Ton Berasal Dari Pembakaran Bahan Bakar Kendaraan, Pabrik-Pabrik dan Sumber Minyak Fosil Lainnya. Sisanya Sebanyak 10,8 Miliar Ton Berasal Dari Efek Pencemaran Lingkungan Seperti Penebangan Hutan (Deforestasi) Secara Sembarangan.


Dari Jumlah Karbon Dioksida (CO2) Yang Dihasilkan Itu (38 Miliar Ton/Tahun) Hanya 40 Persen Yang Bisa Diserap Hutan dan Pohon-Pohon. Yakni Diserap Oleh Hutan-Hutan Tropis di Wilayah Selatan Bumi Sebesar 8,8 Miliar Ton Per Tahun dan 6 Miliar Ton Dari Penanaman Kembali (Reboisasi) Hutan-Hutan dan Pohon di Seluruh Dunia.


Karbon dioksida (rumus kimia: CO2) atau zat asam arang adalah sejenis senyawa kimia yang terdiri dari dua atom oksigen yang terikat secara kovalen dengan sebuah atom karbon. Ia berbentuk gas pada keadaan temperatur dan tekanan standar dan hadir di atmosfer bumi. Rata-rata konsentrasi karbon dioksida di atmosfer bumi kira-kira 387 ppm berdasarkan volume  walaupun jumlah ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan waktu. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang penting karena ia menyerap gelombang inframerah dengan kuat.


Karbon dioksida dihasilkan oleh semua hewan, tumbuh-tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme pada proses respirasi dan digunakan oleh tumbuhan pada proses fotosintesis. Oleh karena itu, karbon dioksida merupakan komponen penting dalam siklus karbon. Karbon dioksida juga dihasilkan dari hasil samping pembakaran bahan bakar fosil. Karbon dioksida anorganik dikeluarkan dari gunung berapi dan proses geotermal lainnya seperti pada mata air panas.

Karbon dioksida tidak mempunyai bentuk cair pada tekanan di bawah 5,1 atm namun langsung menjadi padat pada temperatur di bawah -78 °C. Dalam bentuk padat, karbon dioksida umumnya disebut sebagai es kering.

CO2 adalah oksida asam. Larutan CO2 mengubah warna litmus dari biru menjadi merah muda.

Cairan kabon dioksida terbentuk hanya pada tekanan di atas 5,1 atm; titik tripel karbon dioksida kira-kira 518 kPa pada −56,6 °C (Silakan lihat diagram fase di atas). Titik kritis karbon dioksida adalah 7,38 MPa pada 31,1 °C.

Pengertian Dan Definisi Tentang Gas Ideal Serta Contohnya

Dari Jumlah Karbon Dioksida (CO2) Yang Dihasilkan Itu (38 Miliar Ton/Tahun) Hanya 40 Persen Yang Bisa Diserap Hutan dan Pohon-Pohon. Yakni Diserap Oleh Hutan-Hutan Tropis di Wilayah Selatan Bumi Sebesar 8,8 Miliar Ton Per Tahun dan 6 Miliar Ton Dari Penanaman Kembali (Reboisasi) Hutan-Hutan dan Pohon di Seluruh Dunia.

Baca juga


Tag Search :
pengertian gas karbon dioksida
pengertian emisi gas karbon dioksida
pengertian fiksasi karbondioksida
pengertian dan fungsi karbon dioksida
pengertian emisi karbon dioksida
pengertian dari emisi karbon dioksida
pengertian karbon dioksida dan karbon monoksida
pengertian karbondioksida dan oksigen
pengertian oksigen dan karbondioksida
pengertian dari karbon dioksida
pengertian daur karbon dioksida
apa pengertian dari karbon dioksida
pengertian daur oksigen dan karbondioksida
pengertian karbon dioksida co2
pengertian karbondioksida bebas
apa pengertian karbon dioksida
artikel pengertian karbondioksida