Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Reviewed by zonacerita on March 12 Description: CaraKomplit.com – Ada banyak produk penghilang ketombe beredar di pasaran, ... Rating: 4.5
Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ada banyak produk penghilang ketombe beredar di pasaran, beberapa memang efektif untuk memerangi ketombe dan rasa gatal yang muncul. Namun pada dasarnya produk-produk tersebut merupakan hasil ekstraksi berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan ketombe. Tidak ada efek samping yang akan anda rasakan jika memakai produk anti ketombe yang aman. Namun jika anda ingin terapi yang benar-benar aman, cobalah pengobatan alami.
Sebelumnya, anda mungkin ingin tahu apa sebenarnya ketombe itu. Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan terlepas. Jika tidak diobati, ketombe sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa gatal yang parah. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari jerawat, rambut rontok, uban, dll. Sebenarnya tidak ada masalah fisik yang akan terjadi jika kita mengalami ketombe, hanya saja ini sangat mengganggu penampilan dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan percaya dirinya. Berikut adalah beberapa cara alami menghilangkan ketombe:
  1. Yogurt dan lada telah lama dipakai untuk menghilangkan ketombe. Yogurt jika dipakai secara teratur bisa mengurangi pengelupasan kulit mati di kepala. Campurkan dua sendok teh lada hitam dan sedikit yogurt secara merata kemudian oleskan adonan ini ke atas kulit kepala sambil diikui dengan pijatan-pijatan halus. Biarkan adonan ini selama kurang lebih satu jam, setelah itu keramas dengan shampo hingga bersih.
  2. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Minyak zaitun pada dasarnya memiliki banyak manfaat dan bisa dipakai untuk pengobatan dari dalam dan luar. Anda bisa memanaskan minyak zaitun, jangan terlalu panas, cukup hangat-hangat kuku. Selanjutnya aplikasikan di atas kulit kepala anda dan pijat secara merata. Lakukan ritual ini setiap hari menjelang tidur dan bilas keesokan harinya. Jika anda melakukan ini secara teratur, ketombe akan berkurang.
  3. Alternatif lainnya adalah campuran antara minyak kelapa dan perasan jeruk lemon. Campurkan 1 sendok makan air lemon dengan 5 sendok makan minyak kelapa kemudian oleskan ke atas kepala. Lemon memiliki kemampuan untuk mengurangi ketombe dan mengurangi terbentuknya sel-sel kulit mati. Ada yang mengatakan bahwa air lemon bisa membuat kita ubanan, padahal itu cuma mitos. Tidak ada bukti konkrit yang menunjukkan korelasi antara uban dan air jeruk lemon. Silakan aplikasikan bahan ini ke atas kulit kepala secara teratur selama 20 menit setiap sesi. Setelah itu bilas dengan air bersih.
  4. Cuka tidak hanya bisa meningkatkan rasa masakan, namun juga bisa menghilangkan ketombe. Zat di dalam cuka yang berperan dalam hal ini adalah potasium. Tidak hanya memberantas ketombe, namun cuka juga bisa menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Cuka bisa dibuat dari berbagai bahan makanan. Salah satu yang paling efektif untuk pengobatan ketombe adalah cuka sari apel. Anda bisa langsung mengaplikasikan cuka ke kulit kepala atau mencampurkannya dengan air untuk mengurangi konsentrasinya. Kemampuan lain yang dimiliki oleh cuka adalah membuka sumbatan-sumbatan di folikel rambut.
  5. Jika anda memiliki baking soda di rumah, anda juga bisa memakainya untuk mengatasi ketombe. Sama seperti bahan alami sebelumnya, baking soda juga mampu membersihkan sel-sel kulit mati yang menempel di kulit kepala. Silakan campurkan satu sendok teh baking soda dengan sampo kemudian pergunakan untuk keramas. Lakukan hal ini setiap kali anda keramas dan lihat hasilnya dalam beberapa hari ke depan.
  6. Tidak ada yang meragukan lidah buaya untuk menjaga kecantikan rambut. Di balik khasiatnya yang sangat banyak, ternyata lidah buaya juga menyimpan khasiat lainnya, yaitu untuk mengurangi ketombe. Belah satu pelepah lidah buaya kemudian peras gel-nya dan langsung oleskan ke ke rambut dan kulit kepala. Ini adalah perawatan yang efektif untuk semua masalah rambut, jadi silakan pergunakan secara teratur.