Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Cara Menghemat Baterai Tablet Android

Tablet merupakan salah satu bentuk transformasi terbaru dalam dunia gadget. Berfungsi layaknya sebuah Komputer PC yang bisa melakukan berbagai fungsi kerja seperti word, excell, power point dan lain-lain. Tablet juga bisa digunakan untuk aktivitas menelpon dan sms layaknya sebuah ponsel. Fungsinya yang memadukan keduanya juga membuat kita semakin praktis dengan adanya Tablet PC ini, dimensi layarnya yang pas juga membuat kita semakin nyaman untuk membawanya kemana-mana. Berbagai aneka Tablet PC juga banyak sekali seperti Tablet PC Android, Apple dan Windows 8. Namun untuk bahasan kali ini, Tablet PC Android memang akan menjadi sebuah topik yang sangat pas, karena memang biasanya kita sering mengalami sebuah hal yang kerap kita alami seperti baterai yang boros dan tidak tahan lama.

Cara Menghemat Baterai Tablet Android
Cara Menghemat Baterai Tablet Android
Menghemat Baterai Tablet Android memang sebagai salah satu informasi yang paling kita cari untuk mendapatkan solusi atas baterai tablet android kita yang cepat boros bila digunakan. Beberapa tips juga bisa kita pakai untuk membuat baterai tablet kita lebih awet bila digunakan. Tablet android terkenal boros baterai karena memang sistem operasinya yang terbilang sangat canggih dan dukungan aplikasinya yang selalu online tanpa henti. Untuk itu sebagai salah satu tindakan minimalisasi adanya Tablet Android kita yang baterainya cepat boros, maka memakai aplikasi dengan bijak menjadi salah satu solusi yang bisa kita praktekan. Namun bukan hanya itu saja hal yang bisa membuat baterai tablet kita menjadi lebih hemat. Ada banyak tips lain yang juga bisa kita pahami untuk membuat tablet android kita memiliki ketahanan baterai yang lama.

Pada dasarnya boros tidaknya baterai memang tergantung pada kapasitas baterai tersebut dan penggunaanya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini blog Firman Way ingin memberikan informasi berupa tips-tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari baterai android anda yang cepat habis. Dengan hal ini, maka kita pun bisa serasa lebih nyaman dalam menggunakan Tablet Android kita karena lebih lama dan efisien. Meskipun batasan-batasan penggunaan itu tetap ada namun pastinya hal-hal utama kita yang harus selalu kita pentingkan.  Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda coba untuk membuat daya tahan baterai tablet anda menjadi lebih lama dan awet :

1. GPS
GPS adalah layanan pencarian lokasi yang sangat menguras baterai. Oleh karena itu manfaatkan GPS dengan sebaik mungkin adalah cara terbaik untuk menhemat keluaran baterai Tablet android anda.

2. WiFi
WiFi merupakan salah satu layanan network yang lebih cepat menguras baterai ketimbang Mobile Netwok, penggunaan WiFi yang berlebihan akan membuat baterai cepat panas dan menurun kualitasnya. Oleh karena itu pastikan anda menggunakan WiFi secukupnya saja.

3. Layanan Mobile
Layanan Mobile Internet adalah salah satu yang tak bisa dipisahkan dari tablet kita. Meskipun begitu, namun ternyata layanan ini sangat menguras kinerja baterai. Mematikan layanan ini pada saat kita tidak menikmatinya merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghindari baterai yang boros.

4. Screen Timeout & Brightness
Tampilan waktu meredupnya layar juga akan sangat mempengaruhi kehematan baterai. Untuk memaksimalkannya, maka seharusnya kita mengatur agar layar tablet kita cepat redup jika tidak ada sentuhan dalam beberapa waktu. Hal ini dikarenakan pantulan sinar layar adalah 50% konsumsi baterai android kita.

5. Wallpaper
Wallpaper merupakan tampilan dari tablet kita nampak lebih cantik dan anggun. Dengan adanya Live Wallpaper juga kita tidak merasa bosan terhadap tampilan Tablet Android kita. Namun hal negatif pemakaian Tablet ini adalah baterai akan cepat habis. Gunakan wallpaper standar atau bawaan dari tablet anda untuk membuat pemakaian baterai tidak boros.

6. Bluetooth
Bluetooth adalah salah satu media transfer data antar gadget yang terkenal sangat cepat menghabiskan daya tahan baterai. Menggunakan Bluetooth berlama-lama juga akan membuat Tblet Android kita cepat panas dan menurun kualitasnya. Oleh karena itu untuk membuat Tablet kita mempunyai daya tahan baterai yang irit, maka meminimalisir penggunaannya adalah cara yang terbaik.

7. Automatic Updates
Automatic Updates adalah fitur pada tablet android kita yang memungkinkan aplikasi akan teupdate secara sendirinya jika fitur ini digunakan. Jika mengupdate aplikasi, otomatis memang harus mendownload ulang aplikasi tersebut. Selain mengakibatkan baterai yang cepat habis. Tanpa kita sadari paket data yang kita gunakan jadi cepat habis sehingga resiko kehilangan pulsa akan sangat tinggi. Mematikan fitur ini adalah cara terbaik untuk menghemat baterai maupun paket data anda.

Dengan adanya tips untuk Menghemat Baterai Tablet Android diatas, maka kita juga bisa menyimpulkan bahwa Tablet Android memang memiliki fungsi dan fitur yang sangat komplit dimana penggunaan daya baterai juga sangat besar. Dengan mempraktikkan beberapa tips yang kami sajikan diatas, maka meminimalisir cepat habisnya baterai tablet android bisa kita lakukan. Dengan baterai yang awet dan tidak cepat habis, pastinya pengalaman kita dalam menggunakan sebuah Tablet Android akan bertambah, dan fungsi manajemen terhadap baterai kita pun akan kita dapatkan.c