Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Bar

Cara Berhenti Merokok Yang Baik Dan Benar

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah,  apalagi bagi mereka yang sudah kecanduan. Bahkan ancaman bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok pun tidak akan berpengaruh pada kebiasaan kaum perokok. Umumnya mereka hanya bisa berhenti merokok disaat kepepet. Seperti disaat sakit berat, sedang berada dalam ruangan yang tidak diperbolehkan merokok (ber AC) atau sedang berada di dekat seseorang yang spesial yang kebetulan tidak suka kalau ada aroma rokok mendekatinya.

Dari sedikit kalimat diatas sebenarnya sudah ada bayangan tentang cara berhenti merokok secara alami yang efektif dan mudah. Secara garis besar, ada tiga tahapan penting untuk menghentikan kebiasaan merokok. Dan dari tiga tahapan tersebut, masing-masing kembali ada tahapan lainnya untuk berhenti total dari kebiasaan merokok.

Berikut Tahapan Untuk Berhenti Merokok
  • Alasan Berhenti Merokok
Pelajari lebih dulu apa alasan yang membuat Anda ingin berhenti merokok. Contohnya, saya ingin sembuh dari penyakit paru-paru yang diderita. Ini menjadi alasan yang kuat untuk saya berhenti merokok, meskipun sebenarnya ini bukan lagi alasan, melainkan satu keharusan. Atau seperti di paragraf pertama, karena orang yang spesial tidak suka dengan perokok, inipun bisa dijadikan untuk mendapatkan cara berhenti merokok dengan hipnotis, yaitu pesonanya yang menghipnotis Anda untuk berhenti merokok. Tanpa alasan yang kuat, saya tidak yakin akan bisa berhenti dari kebiasaan merokok.
  • Niat Berhenti Merokok
Setelah memiliki alasan yang kuat, selanjutnya tanamkan dalam hati niat untuk berhenti merokok. Niat lebih kuat dari keinginan. Karena keinginan bisa berubah tanpa harus ada alasan. Sedangkan niat hanya bisa batal dengan sesuatu yang lebih penting dari yang kita niatkan. Contoh, ingin sholat dan niat sholat. Saya rasa tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar arti dari dua kata tersebut.
  • Berhenti Sekarang Juga
Tahapan ketiga, atau tahap terakhir dari tips berhenti merokok yaitu "LAKUKAN SEKARANG". Alasan sudah kuat, niat pun sudah merekat jadi tidak ada lagi yang bisa menunda.

Tips Cara Berhenti Merokok Efektif Dan Mudah

Ini sebenarnya masuk dalam tahap ketiga yang merupakan tahapan pokok dari cara berhenti merokok.

-Kenali Kebiasaan Merokok Anda
Perokok biasanya memiliki waktu favorit dimana menghisap rokok dirasakan paling nikmat. Dan yang paling banyak yaitu setelah selesai makan. Di waktu favorit inilah memulai mengurangi sampai berhenti kebiasaan merokok. Cara mengurangi kebiasaan merokok ada di tips selanjutnya.

-Olahraga
Berolahraga secara otomatis akan mengurangi kebiasaan merokok. Sebagai contoh lari pagi. Yang saya rasakan tidak enak lari pagi sambil menghisap rokok. Jadi selain untuk menambah kesehatan, olahraga juga membantu pikiran lebih fresh dan merokok ikut tertunda,

-Lakukan Secara Bertahap
Kalau memang waktu merokok favorit Anda setelah makan, tunda sedikit demi sedikit. Awali dengan menundanya 5 menit, kemudian ditambah 5 menit setiap waktu makannya. Jadi kalau kita mulai melakukan kebiasaan menunda merokok selama 5 ini saat makan pagi, makan siang kita akan menunda 10 menit dan makan sore/malam menjadi 15 menit. Berat?.. kembali lagi pada tahapan diatas, ketika rasa berat untuk mengurangi hingga berhenti merokok Anda rasakan, alasan dan niat lah yang kemudian membantu menetapkan keinginan Anda untuk tetap fokus dalam program berhenti merokok.

-Dekat Orang Yang Tidak Suka Rokok
Selama melakukan terapi (sendiri) untuk berhenti merokok, sebaiknya lebih sering duduk didekat orang yang tidak suka mencium bau asap rokok. Atau cari pasangan yang tidak suka dengan orang yang merokok. Ini akan sangat membantu. Kecuali Anda orang yang bermuka tebal. Ketika ada orang yang mengibaskan tangannya didepan hidungnya saat ada asap rokok, itu hanya isyarat untuk menyuruh kita mematikan rokok atau menjauh darinya. Bukankah ini alasan yang kuat. Simpan rokok Anda, dan tetaplah duduk disana.

#Sekedar Tips Tambahan
Ketika kesulitan menunda, karena keinginan untuk meletakkan rokok diantara dua bibir sudah menggelora, lakukan tips dan trik berikut ini: Ambil sebatang rokok dan jangan dinyalakan. Hisap seperti biasa, kalau ada teman yang menawarkan korek jangan diterima. Lakukan hal ini (menghisap rokok tanpa menyalakannya) selama mugkin.

Lupakan pemantik/korek api. Adanya korek yang kita bawa sendiri mempercepat proses menyalakan rokok. Nah bagaimana kalau kita tidak membawanya. Cara ini cukup efektif menunda hingga mengurangi kebiasaan merokok. Jangan hanya menunda atau mengurangi kebiasaan merokok di waktu favorit, tapi lakukan disetiap kali ada keinginan untuk merokok agar bisa berhenti merokok lebih cepat dan efektif.

Kalau Anda megganti kebiasaan merokok dengan camilan atau permen perhatikan juga saat atau sesudah memakannya. Ada makanan/permen yang tidak efektif menjadi pengganti rokok. Apalagi permen dengan rasa mint, hal ini justru mengundang keinginan untuk menghisap rokok. Tapi setiap orang punya rasa yang berbeda, jadi rasakan dan lakukan yang sesuai dengan selera Anda.